GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 NTT PERIKSA PENUMPANG KM. WILIS DI PELABUHAN TENAU KUPANG

Lantamal VII Kupang – Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi NTT melaksanakan pemeriksaan kesehatan penumpang KM. Wilis di Dermaga Lokal Pelabuhan Tenau Kupang. Selasa (07/04/2020).

Kedatangan KM. Wilis dari pelabuhan asal (Batulicin-Makassar-Bima-Labuan Bajo-Kalabahi) tiba di Pelabuhan Tenau Kupang dengan manifest 30 penumpang yang turun. Tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kupang dibawah kendali Kasub Bidang Pemantauan Pelabuhan melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan, “Kami data mereka alamat tempat tinggalnya dan juga apakah mereka mengalami batuk, flu, suhu badan atau ada sesak napas. Lalu dari data yang ada, jika suhu badan melebihi 38 derajat Celcius dan menunjukkan gejala yang sesuai virus corona , maka kami akan melakukan screening dan perawatan lebih lanjut,” paparnya.

Sementara itu Tim BKO yang dipimpin Chief Security Kopka Mar Samuel melaksanakan kampanye Physical Distancing menggunakan megaphone terhadap penumpang yang hendak turun agar selalu jaga jarak 1-2 meter dan berurutan dengan penumpang lainnya hingga ke Terminal Penumpang.

Setelah para penumpang selesai diperiksa oleh KKP, penumpang yang kondisi sehat dan tanpa gejala Covid-19, kemudian diberikan hak sebebas-bebasnya untuk kembali ke rumah masing-masing dan dihimbau kepada penumpang tersebut agar setibanya dirumah agar melaksanakan karantina mandiri dan tidak melakukan kegiatan lain atau bepergian lagi ke daerah lain untuk sementara waktu hingga 14 hari kedepan dirumah saja (karantina mandiri)

Selanjutnya Tim dari KKP melakukan penyempotan cairan disinfektan kepada seluruh petugas Satgas yang telah selesai melakukan kegiatan pemeriksaan di atas kapal KM. Wilis, di Dermaga serta di Terminal Penumpang.

Hadir dalam pengecekan tersebut : Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Pilipus Sri Suharto, Dandim 1604 Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma DG. S.IP, Pasintel Kodim 1604, Danramil Alak, Perwakilan KSOP Kupang, Perwakilan Pelindo, Personel KKP Kupang, Personel Yonmarhanlan VII, Personel Pomal Lantamal VII, Babinsa Ramil Alak dan Personel KP3 Laut Tenau Kupang.

 

/ Dispen Lantamal VII