DANLANTAMAL XIII MENYERAHKAN MASKER TANGKAL PENYEBARAN COVID-19

TARAKAN:Merebaknya Virus Corona atau Covid-19 yang begitu cepat telah membuat semua insan manusia melakukan berbagai upaya untuk mencegah agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. Ada berbagai cara yang dilakukan seperti mencuci tangan secara teratur, berjemur untuk meningkatkan imun, berolah raga untuk menjaga stamina dan lain lain, semua dilakukan agar dapat terhindar dari virus corona. Dari sekian banyak pencegahan yang telah disebutkan tadi, memakai masker juga merupakan salah satu upaya pencegahan yang sangat penting, bahkan pemerintah Indonesia telah menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk memakai masker setiap hari karena masker efektif menangkal penyebaran virus corona.

Menindak lanjuti anjuran tersebut Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si, Selasa (07/04) tadi pagi, penyerahan masker secara simbolis kepada enam orang perwakilan pada saat penerima apel gabungan yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lantamal Xlll Jl. Sei Ngingitan Kel. Mamburungan Kec. Tarakan Timur. Pelaksanaan apel gabungan tetap menjaga jarak aman antar personel yaitu minimal satu meter guna menghindari penyebaran virus corona.

Setelah perwakilan pertama menerima masker dari Komandan langsung dipakai dan selanjutnya diikuti oleh seluruh personel lainnya secara serempak.

Pada kesempatan tersebut Beliau menyampaikan “pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur, kita dapat hadir dilapangan apel ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun ditengah keadaan kesehatan yang saat ini cukup memprihatinkan, sesuai perintah dari pimpinan bahwa saat ini seluruhnya apabila berada diluar menggunakan masker, masker ada tiga bagian, digunakan oleh tenaga medis yang langsung berhadapan dengan penderita covid-19, digunakan khusus untuk tenaga medis dan digunakan untuk masyarakat umum. kita ini termasuk masyarakat umum yang menggunakan masker terbuat dari kain, oleh sebab itu saya berinisiatif untuk membuat masker ini memang mungkin tidak nyaman karena bahannya dari kain, tapi setidak-tidaknya kita bisa melindungi mulut, hidung dari percikan pada saat kita bicara, batuk dan bersin. rencananya hari ini satu, besok akan akan saya bagi lagi satu, mungkin hari ini datang, harapan saya seragam, jadi biar kita kelihatan seragam dan ini bisa dicuci dan pakai lagi, karena kalau kita pakai masker yang medis itu dilihat oleh masyarakat umum kan sudah sesuai aturan kita memakainya yang masker kain. dan tidak menutup kemungkinan jika ada yang bisa membuat masker saya persilahkan untuk membuat masker untuk kepentingan kita maupun untuk masyarakat sekitar, nanti bisa dilaporkan kepada saya maupun kepada Wadan, saya rasa itu saja untuk pagi ini, saya harapkan bisa digunakan. Dan untuk penggunaan peluit ditiadakan, karena disitulah terjadi penularan, peluitnya satu yang makai banyak, sehingga pengumuman-pengumuman saya perintahkan cukup menggunakan suara saja pada saat voice, itu berlaku untuk disemua satker, baik di Mako maupun disatker-satker yang lain maupun di Patkamla atau kal-kal kita. jadi cukup menggunakan suara, baik Komandan masuk kalau apel juga bisa menggunakan lonceng. terimakasih atas dedikasinya untuk seluruh anggota,jaga diri baik-baik, jaga keluarga, pertahankan kesehatan, suoaya kita bisa melaksanakan semuanya dengan baik.”

Dengan telah diterimanya masker diharapkan seluruh personel Lantamal XIII terhindar dari Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wadan Lantamal Xlll, para Asisten Danlantamal Xlll, Dansatrol Lantamal Xlll, Danyonmarharlan Xlll, para Kadis/Kasatker Lantamal Xlll, personil Lantamal XIII, personel Yonmarharlan Xlll dan Pns Lantamal Xlll.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.