CEGAH COVID-19, TIM GABUNGAN USIR KAPAL YACHT DARI AUSTRALIA DI PERAIRAN LARANTUKA

Lantamal VII – Tim Patroli Gabungan Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kab. Flores Timur melaksanakan pengusiran kapal Yacht Nomar yang diduga berasal dari Australia yang berlabuh di sekitar Pelabuhan Larantuka, Kab. Flores Timur. Senin (06/04/2020).

Dari pantauan Komandan Posmat TNI AL Flotim, Serka M. Sangidun, memastikan bahwa benar di depan Pelabuhan Larantuka telah berlabuh (Lego jangkar) 1 kapal Yacht dan hal tersebut juga sedang dipantau oleh petugas dari Intel Polres dan petugas KKP.

Berdasarkan perintah dari Gugus Tugas Covid-19 Kab. Flores Timur, yang dalam hal ini diterima oleh Sekda Flotim Bpk Paulus Igo Geroda memerintahkan untuk segera mengusir kapal asing tersebut dari wilayah Kab. Flores Timur, dan “Jika menolak segera mengambil tindakan tegas,” ujarnya.

Dengan menggunakan Patkamla, berangkat dari PPI Amagarapati Kec. Larantuka, Danposmat TNI AL Flotim beserta anggota unit Intel Kodim 1624 Flores Timur melaksanakan pengusiran kapal Yact Nomad untuk menjauh dan pergi dari laut Larantuka. Tidak lama kemudian kapal Yacht Nomad berhasil di usir meninggalkan Larantuka dengan di kawal menggunakan Patkamla sampai dengan Pulau Solor.

Namun tim gabungan masih siaga dan memastikan kapal tidak lagi merapat ke wilayah Laut Larantuka. Pengusiran Kapal Asing tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, sehingga tidak menimbulkan kerasahan bagi masyarakat di Kab. Flores Timur.

 

/ Dispen Lantamal VII