LANTAMAL XIII LAKSANAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DENGAN KELILING TARAKAN

TARAKAN – Pada hari Rabu (25/03/20) personel Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan melaksanakan keliling Kota Tarakan dalam rangka sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tersebut sebagai upaya Lantamal XIII dalam membantu pemerintah pusat dan daerah untuk mengatasi mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang saat ini penyebarannya semakin hari semakin meluas di wilayah Indonesia.

Sosialisasi keliling di mulai dari lingkungan kompleks Rumah Dinas (Rumdis) TNI AL yang ada di Tarakan, kemudian dilanjutkan di lingkungan masyarakat seperti sepanjang jalan perkotaan Kota Tarakan, Kampung Nelayan yang ada di Beringin, Pasar Dayak, serta perkampungan Kampung Nelayan di Juwata.

Pelaksanaan kegiatan yang dipimpin oleh Pjs. Kadispotmar Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Kusprambudiono tersebut diikuti oleh perwakilan personel Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lantamal XIII, personel Polisi Militer (Pomal) Lantamal XIII, personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII (Yonmarhanlan XIII).

Himbauan oleh tim sosialisasi tersebut disampaikan melalui pengeras suara, antara lain, “kami dari Lantamal XIII menghimbau, terkait dengan cepatnya penyebaran covid-19, agar masyarakat Tarakan memperhatikan hal-hal sebagai berikut,
1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya masyarakat dalam jumlah banyak, baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri.
2. Tetap tenang dan tidak panik, dengan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan selalu mengikuti informasi dan himbauan resmi yang disampaikan pemerintah.
3. Apabila ada keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang, harap dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak aman dan tetap mengikuti prosedur pemerintah, terkait penyebaran covid-19.
4. Tidak melakukan pembelian atau penimbunan bahan kebutuhan pokok maupun kebutuhan masyarakat lain secara berlebihan.
5. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya, dapat dikonfirmasi ke pihak yang berwajib”,

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.