LANAL SANGATTA SEBAR BROSUR DAN ARAHAN PENCEGAHAN COVID-19 DENGAN PATROLI LAUT

TARAKAN: Rabu (25/03/20), sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta. Tak hanya menyebarkan spanduk dan brosur berisi himbauan menjaga kebersihan, tapi juga menyambangi kapal-kapal yang berlabuh di perairan Tanjung Bara dan sekitarnya.

Dipimpin Danposmat Pelda SAA Sahlang, tim Lanal Sangatta berpatroli di seputar perairan Tanjung Bara. Dengan menggunakan pengeras suara, ia meghimbau seluruh awak kapal seatruck, tugboat maupun speedboat yang berada di perairan tersebut agar menerapkan metode sesering mungkin mencuci tangan, menjaga kebersihan diri, pakaian dan menerapkan pola hidup sehat.

Untuk beberapa kapal besar, tim patroli Lanal Sangatta tak segan-segan naik ke atas kapal, mengumpulkan para kru dan Anak Buah Kapal (ABK) untuk memberikan arahan dan menyebarkan brosur cara menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kami ikut membantu program pemerintah dalam upaya penyebaran informasi pencegahan Covid-19 di wilayah Kutai Timur. Sosialisasi tidak hanya di darat, tapi juga perlu dilakukan di kawasan perairan. Apalagi di perairan Tanjung Bara, dimana kapal-kapal besar dari berbagai pulau juga negara, kerap berlabuh untuk bongkar muat,” ungkap Sahlang.

Dalam himbauannya, ia juga meminta para kru speedboat, kapal, dan transportasi laut lainnya untuk segera ganti baju dan mandi saat sampai di rumah. Mengapa ? agar keluarga di rumah terlindung dari penyebaran Covid-19.

Patroli keamanan perairan sekaligus sosialisasi akan dilakukan jajaran Lanal Sangatta secara terus menerus. Dengan harapan para pekerja di perairan Tanjung Bara dan sekitarnya, paham dan melaksanakan apa yang menjadi himbauan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.