Aksi Cepat Tanggap Yonmarhanlan VIII Kirimkan Bantuan Evakuasi Bencana Banjir

Koarmada II. Dispenlant8, 20 Maret 2020. Yonmarhanlan VIII melaksanakan Pemberangkatan Perbantuan Akibat Bencana Banjir di Kel. Dua Saudara Kec. Ranowulu kota Bitung dengan jumlah personel 10 orang dipimpin oleh Kapten Mar David Senewe. Jumat (20/3).

Adapun rincian material yang kirim yaitu, Truk 1 unit, Prahu Karet 1 unit, Dayung 9 buah, Pelampung 15 buah, dan Skop 10 buah.

Sebelum berangkat menuju ke lokasi banjir diadakan apel kelengkapan personil dan material oleh Kapten Mar David Senewe. Selanjutnya setelah tiba dilokasi Bencana Banjir, personil Yonmarhanlan VIII langsung bertindak cepat melaksanakan evakuasi warga yang masih terjebak banjir, melaksanakan Evakuasi Material dan dokumen di Kampus Sekolah Tinggi Teologi Rumah murid Kristus.

Banjir bandang yang terjadi itu bermula dari curah hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur Kota Bitung, Kamis (19/03/2020) sekira pukul 23.45 WITA. Akibatnya, air kiriman dari Gunung Dua Sudara membuat sungai bir meluap, mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dan beberapa rumah bagian dapur hanyut terbawa air.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan sekitar pukul 11.00 WITA, arus sungai masih deras. Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.