DANLANTAMAL XIII TARAKAN TINJAU RUANG ISOLASI RUMKITAL ILYAS TARAKAN

TARAKAN – Untuk menghadapi dan mengantipasi adanya penderita yang terkena Virus Corona atau COVID-19 rumah sakit di Kota Tarakan menyediakan ruang isolasi khusus. Penyediaan ruang isolasi khusus tersebut sebagai tindakan pertolongan awal untuk penyelamatan jiwa penderita dan upaya pencegahan menyebaran Virus Corona agar tidak meluas penularannya dari satu orang ke orang lain sebelum penderita di bawa atau di rujuk ke rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menangani penderita yang telah positif terinfeksi Virus Corona.

Terkait hal tersebut, Rabu (18/03/20) kemarin, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIII (Danlantamal Xlll) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. melaksanakan peninjauan ruang isolasi Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Ilyas Tarakan yang beralamat di Jl. R.E Martadinata, kelurahan pamusian, kecamatan Tarakan Tengah, kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Peninjauan tersebut dimaksudkan untuk melihat kesiapan RSAL Ilyas Tarakan dalam mengantisipasi pasien yang terjangkit Virus Corona (Covid-19). Selain melihat ruang isolasi, Danlantamal Xlll juga menyempatkan diri untuk melihat para pasien yang dirawat di RSAL, dari keseluruhan pasien yang dirawat di RSAL, tidak ada yang terjangkit Virus Corona (Covid-19).

Ruang isolasi merupakan ruang khusus, bahkan bagi perawat, dokter, atau pengunjung yang ingin masuk ke dalam ruang isolasi, terdapat prosedur tertentu yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan, yaitu harus mencuci tangan dengan benar, pintu harus segera ditutup kembali setelah masuk maupun keluar ruangan, bila diperlukan, dapat mengenakan sarung tangan, masker dan baju khusus. Bila sedang menderita flu atau penyakit lainnya yang rentan menular atau rentan tertular, tidak diperkenankan masuk ruang isolasi.

Selama melaksanakan kunjungan Danlantamal Xlll didampingi oleh Karumkital Ilyas Tarakan Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi,Sp. PD., FINASIM, Kadiskes Lantamal Xlll Letkol Laut (K) M.Yasser, Si., M.Sc., Apt. dan Kasubbag Jangklin Rsal Ilyas Tarakan Mayor Laut (K) dr. M.Irfan Ilmi,Sp.P.FAPSR.

Dispen Lantamal Xlll, Koarmada ll.