TIM BALAI KESEHATAN LANAL MATARAM ADAKAN PENGOBATAN GRATIS DI KEPULAUAN 3T NTB

Lantamal VII – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Balai Kesehatan Lanal Mataram ikut berpartisipasi dalam Ekspedisi Laskar Nusa 2020. Ekspedisi ini merupakan Ekspedisi Kas Keliling Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat di Kepulauan 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), yang ada di wilayah adminstrasi Provinsi NTB, Selasa (17/03/2020).

Ekspedisi ini telah berlangsung pada tanggal 12 Maret 2012 dan pada waktu itu di lepas langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI NTB Bapak Achris Sarwani. Dalam melaksanakan misi tersebut, Tim Ekspedisi Laskar Nusa ini didukung KRI Sampari-628 untuk mendistribusikan uang rupiah ke pulau-pulau 3T. Pulau-pulau tersebut diantaranya pulau Moyo, Bajo Pulo, Desa Pusu Langgudu, Pulau Medang dan Pulau Maringkik. Selain melaksanakan pendistribusian uang layak edar dan penyuluhan ciri-ciri uang asli, Ekspedisi Laskar Nusa juga melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis ini dilaksanakan oleh Tim dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Mataram yang dipimpin oleh Letda Laut (K/W) dr. Ardita. Titik pertama Baksos Kesehatan yaitu di Pulau Moyo dan dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Sebotok Kec. Labuhan Badas. Hasil pengobatan gratis didapatkan rata rata pasien dengan diagnosis Hipertensi Grade II, Artritis, dan Pterygium (selaput kornea menebal).  Di hari ketiga Tim berlabuh di Pelabuhan Sape dan melanjutkan perlajanan ke Desa Bajo Pulo, melaksanaan Penukaran Uang, Pengenalan TNI AL oleh KRI Sampari, dan pelaksanaan pengobatan gratis. Jumlah peserta pengobatan gratis di desa Bajo Pulo sebanyak 117 orang, dengan tiga penyakit terbanyak yakni Artritis Gout (Radang sendi lutut) dikarenakan faktor demografi yang perbukitan.

Dihari keempat karena tingginya gelombang Ekspedisi ke Pulau Pusu, Kec. Langgudu tidak dilaksanakan. Ekspedisi dilanjutkan keesokan harinya menuju Pulau Medang yang di dukung oleh angggota Posal Labuh Padi. Di Pulau Medang Tim Kesehatan BK Mataram melaksanakan penyuluhan tanggap siaga Covid-19/Corona Virus beserta pencegahannya. Begitupun yang dilaksanakan di Pulau Maringkik, tim melaksanakan Penyuluhan Pencegahan Covid-19 dan Pengobatan Gratis, dimana jumlah keseluruhan total pasien sebanyak 154 orang dengan penyakit terbanyak hipertensi dan konjungtivitis (radang mata) dikarenakan sebagian besar mata pencaharian masyarakat nelayan, sehingga sering terpapar sinar matahari dan air laut.

Tim Ekspedisi Laskar Nusa 2020 terdiri atas petugas kasir dari Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Bali, KPw Provinsi NTB, dan KPw Kupang NTT, serta KPw Jember Jawa Timur. Selain itu, anggota Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram, dan anggota KRI Sampari-628.

 

/ Dispen Lantamal VII