PRAJURIT DAN PNS LANTAMAL XIII LAKSANAKAN GARJAS PERIODIK I TAHUN 2020 DI GELANGGANG OLAH RAGA (GOR) DATU ADIL TARAKAN

TARAKAN: Tiga belas orang personel Lantamal XIII, Selasa (17/03/20) tadi pagi melaksanakan penilaian Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I tahun 2020 yang dilaksanakan di lapangan Gelanggang Olah Raga (GOR) Datu Adil, Jl. Sumatera, Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Ketiga belas personel yang mengikuti Gasjas terdiri dari tiga orang Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama) tiga orang, Bintara tiga orang, Tamtama tiga orang dan Pengawai Negeri Sipil (PNS) satu orang.

Sebelumnya para perserta diwajibkan untuk melaksanakan pemeriksaan tekanan darah dari Tim kesehatan Lantamal XIII. Tim kesehatan dipimpin oleh Letda Laut (K) dr. Adinda Leonisti Fernandy jabatan Paur Kesla BK dengan dua orang anggota yaitu Serda Rum Muklison dan Klk Adg Sultan. Dari hasil pemeriksaan seluruh peserta tekanan darahnya dinyatakan normal dan memenuhi syarat.

Sedangkan dari Tim Pembinaan Bidang Jasmani (Binjas) dipimpin oleh Letda Laut (KH) Denis Rastra Prasetya, S.Pd, Ps. Pajasrek Dismin Lantamal XII yang didampingi oleh dua orang anggotanya yaitu Pelda Jas Saiful Syam dan Kopda Jas Poniman melaksanakan prosedur keselamatan Garjas yaitu pelemasan dan pemanasan untuk menghindari kram atau kejang.

Pelaksanaannya di lapangan, materi Garjas dibagi dua Bateray, yaitu A dan B. Bateray A meliputi lari selama 12 (dua belas) menit, kemudian baterai B meliputi Pul Up, Sit Up, Pus Up dan Satle Run.

Pada saat akan melaksanakan Bateray A yaitu lari 12 menit para peserta mendapatkan pengarahan dari Katim Kesehatan Letda Laut (K) dr. Adinda Leonisti Fernandy yang intinya, agar para peserta memperhatikan kemampuan dan kondisinya masing masing serta tidak perlu dipaksakan. Apabila ada yang merasa pusing disarankan segera berhenti dan beristirahat agar segera mendapatkan penanganan.

Sebagai umat beragama tidak lupa pula para peserta bersama sama memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipimpin oleh Katim Jasmani dengan harapan agar diberikan keselamatan dan kelancaran selama dalam pelaksanaan.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.