BUPATI SIKKA DIDAMPINGI FORKOPIMDA KUNJUNGI PELAKU PENGEBOMAN IKAN TANGKAPAN LANAL MAUMERE

Lanal Maumere – Bertempat di Markas Komando Pangkalan TNI AL (Mako Lanal) Maumere, Jln. Magepanda KM. 10 Nangahure Lembah, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka, Bapak Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos (Bupati Sikka) didampingi Forkopimda Kab. Sikka berkunjung dan Tatap  Muka dengan Pelaku Pengeboman Ikan Tangkapan Lanal Maumere yang ditangkap pada hari Rabu 12 Februari 2020 saat melakukan aksinya di Perairan Flores Timur. Sabtu (22/02/20).

Hadir dalam tatap muka tersebut Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto (Danlanal Maumere), Letkol Inf M. Zulnalendra Utama,SIP. (Dandim 1603/Sikka) AKBP Sajimin,SIK. (Kapolres Sikka),  Letkol Laut (KH) Sonny dan Mayor Laut (KH) Yadiono., (Anggota Diskum Armada II Surabaya), Ibu Consilia Ina L. Palang Ama,S.H. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Maumere)m, Bapak Akbar Baharudin (Kasipidum Kejari Maumere), dan Perwira Lanal Maumere.

Dalam Sambutannya Danlanal Maumere mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Bupati Sikka dan Forkopimda Sikka yang sudah berkenan hadir di Mako Lanal Maumere guna meninjau hasil penangkapan pelaku bom ikan oleh Prajurit Lanal Maumere, saya harapkan para pelaku bekerja sama dalam memberikan keterangan yang valid agar dapat mencegah bahkan menghentikan seluruh aktifitas illegal khususnya mengenai illegal fishing di Kab. Sikka, Diharapkan jalani proses hukum ini dengan ikhlas dan jangan di ulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum.

Kemudian dilanjutkan Sambutan dari Bupati Sikka yang menyampaikan “Saya sangat menyesal atas perilaku dari nelayan Maumere yang sudah sangat melanggar hukum, dengan melakukan kegiatan illegal fishing menggunakan bom ikan, karena dimana Pemda Sikka sedang membangun dan melestarikan Teluk Maumere sebagai daya tarik wisatawan asing serta bisa sebagai nilai ekonomis untuk kesejahteraan nelayan-nelayan Kab. Sikka, karena dimana terumbu karang merupakan rumah bagi seluruh biota laut yang hidup di dalamnya, akan tetapi perilaku dari nelayan Sikka sendiri malah merusak untuk kepentingan pribadi, saya harap seluruh pelaku benar-benar menyesal kedepan saya akan membentuk tim patroli khusus untuk mengatasi permasalahan pengeboman yang masih sering terjadi di Kab. Sikka ini. Saya harapkan lalui proses hukum yang akan datang ini dengan kuat dan selalu berdoa agar dalam menjalani dengan ikhlas dan lancar”. Ujar Bupati Sikka

Hal Senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan dan Kapolres Sikka agar tidak mengulangi perbuatan tersebut dan koperatif dalam mengikuti proses penyelidikan hingga tingkat pengadilan. Kemudian Peninjauan tata cara pembuatan bahan peledak oleh para pelaku disaksikan oleh Bupati Sikka dan Forkopimda Sikka, dilanjutkan foto bersama dengan Bupati Sikka dan Forkopimda Sikka.

/ Dispen Lantamal VII