UJI KEBUGARAN PERSONEL LANTAMAL V LAKSANAKAN GARJAS

UJI KEBUGARAN PERSONEL LANTAMAL V LAKSANAKAN GARJAS

Lantamal V (5/3),—

Kesamaptaan Jasmani (Samapta) menjadi salah satu cara dalam upaya mengecek tingkat kebugaran dan kesiapan jasmani personel dalam melaksanakan tugas, Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V ) digelar  samapta yang diikuti dengan antusias seluruh personil Lantamal V di lapangan apel Mako Lantamal V Jl. Laksda M. Nasir no. 56 Perak Surabaya, kamis (5/3).

Hal tersebut diungkapkan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., pada saat memberikan pengarahan kepada segenap Peronel Lantamal V yang akan melaksanakan Samapta tahap pertama di Tahun Anggaran 2020.

Lebih lanjut menurut Danlantamal V pelaksanaan tes Samapta pada periode ini merupakan tes Samapta rutin tahunan, artinya secara periodik pada tiap semester akan dilaksanakan secara terencana, berdasar hal tersebut seluruh personel diharapkan dapat melaksanakannya secara maksimal dengan mengikuti tahapan-tahapan sebelum melaksanakan tes Samapta dengan baik dan benar.

Selain itu tegas Komandan, pelaksanaan tes Samapta bagi personel juga wajib dilaksanakan guna menjaga kondisi fisik yang prima bagi para personel sendiri, untuk itu perlu upaya kesadaran pribadi prajurit dan PNS dalam melaksanakannya, dimana kesehatan dan kebugaran menjadi modal utama dalam menunjang kedinasan,pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan tes semapta terlebih dahulu dilaksanakan cek tensi tekanan darah oleh seksi kesehatan maksud diadakan cek kesehatan ini untuk mengetahui kesiapan seluruh personel bisa mengikuti samapta atau tidak,karena apabila ada anggota yang tekanan darah nya tinggi tidak diperbolehkan mengikuti test samapta dan diharapkan pelaksanaan samapta kali ini tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, selanjutnya dilaksanakan pemanasan atau peregangan otot yang dipimpin oleh anggota binjas Lanal Batuporon Serka Jas Didik, adapun kegiatan samapta meliputi baterai A dan B Baterai A yaitu lari 12 menit dan baterai B terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shutle Run.

Turut hadir dalam giat tersebut Komandan Lantamal V, Wadan Lantamal V, para Asisten Danlantamal V, Dandenma Lantamal V dan para Kasatker dan Kasatlak Lantamal V.