Prajurit Satban Koarmada II Belajar VBSS Dari Kopaska

TNI AL. Koarmada II, 3 Maret 2020

 

Bertempat di ruang kelas Satuan Kapal Bantu atau Satban,  pagi ini Selasa (03/03) 20 orang prajurit menerima teori tentang Visit, Board, Search, and Seizure (VBSS) dari  Satuan Kopaska Koarmada II.

 

Teori tersebut diberikan untuk memberikan gambaran kepada peserta saat melaksanakan praktek nanti di KRI Sungai Gerong. Teori yang diberikan diantaranya tentang Mission Planning, Memasang Tangga dan Memanjat ke Geladak, kemudian Teknik Bergerak di Geladak Kapal, Pertempuran Dalam Ruangan, Penanganan Musuh yang Tertawan/Tertangkap, lalu Penanganan Terhadap Korban Terluka, Halang Rintang dan Dasar-Dasar Ilmu Hukum.

 

Menurut salah seorang perwira Satban yang mendampingi para peserta, latihan VBSS ini diadakan dalam rangka pembinaan satuan yang bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan tim VBSS unsur Satban Koarmada II, serta mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut dan segala kemungkinan kontijensi yang terjadi.

 

Sementara sebagai pemberi materi, salah seorang instruktur dari Satkopaska berharap agar seluruh prajurit yang ikut latihan dapat menyimak teori yang diberikan secara maksimal.

 

“ Diharapkan seluruh peserta mau belajar dan menguasai teori, sehingga waktu praktek latihan maupun saat bertugas nanti bisa melaksanakannya secara profesional. Sebab VBSS adalah hal penting yang harus diketahui dengan baik tahap demi tahap pelaksanaannya oleh prajurit yang berdinas di kapal, “ ujar sang instruktur yang enggan disebut namanya ini.

 

(Fat/Pen2)