BERADA RIBUAN KILOMETER DARI PANGKALAN, PRAJURIT KRI FATHILLAH-361 TETAP LAKSANAKAN TES SAMAPTA

TNI AL. Koarmada II, 28 Februari 2020

 

Berada jauh ribuan kilometer dari pangkalannya di Surabaya, bukan berarti bisa meninggalkan kewajiban yang diemban. Demikian halnya prajurit KRI Fatahillah-361 yang tetap melaksanakan tes samapta rutin meski sedang melaksanakan tugas operasi siaga tempur wilayah perairan laut, dibawah kendali operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II.

 

Bertempat di lapangan olahraga Markas Lantamal VI Makassar, pada Jumat (28/2) para prajurit melaksanakan tes samapta rutin yang menjadi kewajiban setiap prajurit maupun PNS TNI AL setiap 6 bulan sekali ini. Dibawah pengawasan tim Binjasrek Lantamal VI, mereka melaksanakan tes dalam dua tahap. Yakni Baterai A yang terdiri dari lari 12 menit, dilanjutkan dengan Baterai B yang terdiri yaitu Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run.

 

Sementara itu Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol laut (P) Agus Setyawan disela kegiatan menyampaikan, jika pelaksanaan samapta dilaksanakan bukan hanya untuk sekedar melaksanakan kewajiban sebagai seorang  prajurit,  tapi juga untuk mengukur kemampuan dan kesehatan prajurit sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

 

“ Dalam sebuah operasi faktor fisik menjadi modal utama selain psikis seorang prajurit. Fisik yang dimaksud adalah stamina dan kesehatan tubuh prajurit yang terjaga baik agar mampu konsentrasi penuh dalam melaksanakan tugas,” tambah Agus-sapaan karib Agus Setyawan.

 

Selama berada di Lantamal VI selain melaksanakan tes samapta rutin bagi prajuritnya, kapal perang TNI AL dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II ini juga melakukan bekal ulang berupa air bersih dan kebutuhan logistik lainnya sebelum melanjutkan perjalanan lintas laut kembali ke daerah operasi.

 

(Nov/Pen2)