PRAJURIT KOARMADA II LAKSANAKAN LATIHAN PERAN KEBOCORAN DI KRI SURABAYA-591

TNI AL. Koarmada II 27 Februari 2020

 

Usai melaksanakan lomba Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK) Antar Satuan Koarmada II, kini Satuan Kapal Amfibi kembali menggelar kegiatan pembinaan satuan lanjutan melalui Latihan Penanggulangan Bahaya Kebocoran di kapal, yang dilaksanakan di KRI Surabaya-591 pada Kamis (27/2).

 

Kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto mewakili Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto, sebagai upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokok Koarmada II.

 

Latihan yang dilangsungkan selama satu hari inin saja,  diawali dengan pembekalan materi oleh instruktur dari Kolat Koarmada II,  tentang teori penanggulangan bahaya kebocoran di kapal serta pengenalan alat-alat yang di pergunakan untuk latihan kebocoran kapal.

 

Sementara itu peserta latihan adalah perwakilan personel dari 8 satuan di Koarmada II,  antara lain Satuan Kapal Ranjau, Satuan Kapal Cepat, Satuan Kapal Eskorta, Satuan Kapal Selam, Satuan Kapal Bantu, Satuan Kapal Amfibi, serta Satkopaska dan Dislambair.

 

Pada latihan ini disimulasikan jika kapal mengalami kebocoran. Untuk itu sikap tanggap, kecepatan dan ketepatan prajurit dalam menanggulangi bahaya kebocoran harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

 

“ Saya berharap melalui latihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan sekaligus jadi penyegaran bagi seluruh prajurit Koarmada II, agar selalu siaga menghadapi bahaya kebakaran dan kebocoran baik di kapal maupun di staf, ” ujar Mayor Laut (P)  Donny, Pasops Satfib mewakili Dansatfib sebagai pihak penyelenggara.

 

Donny lantas menambahkan, para prajurit diharapkan memiliki keberanian dan mampu untuk melaksanakan penanggulangan kebakaran dan kebocoran, serta mengaplikasikan dengan baik latihan yang selama ini dilaksanakan di kapal,” pungkas Donny disela kegiatan.

 

(FAT/PEN2)