PRAJURIT DAN PNS LANTAMAL XIII TERIMA CERAMAH SOSIALISASI KESEHATAN “EDUKASI TENTANG BAHAYA VIRUS CORONA”

TARAKAN – Seluruh prajutit dan PNS Lantamal XIII menerima ceramah sosialisasi kesehatan dengan tema “Edukasi tentang bahaya virus corona” yang berlangsung di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (26/02/20).

Kegiatan ceramah sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XIII dengan materi yang disampaikan oleh Mayor Laut (K) M. Irfan Ilmi Sp. P., FAPSR. Pada kesempatan kali ini, pemberi materi menyampaikan beberapa metode pencegahan terjangkitnya virus corona, antara lain menyampaikan langkah-langkang cara mencuci tangan dan pemakaian masker serta etika batuk dan bersin yang benar. ”Seperti yang kita ketahui virus Corona adalah jenis virus baru dari coronavirus yang menular ke manusia, virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir Desember 2019 yang dikenal dengan nama Corona Virus Disease-19 (COVID-19), virus ini menular dengan cepat, terutama rentan menular pada anak-anak dan orang lanjut usia bahkan virus ini telah menyebar ke wilayah lain di China dan ke beberapa negara. Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan, pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu, namun virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat. Untuk mencegah Virus Corona tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan,terutama bila beraktivitas di tempat umum, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun cair atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan, serta perlu memastikan pada saat memasak daging dan telur pastikan sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin serta disarankan untuk tidak menutup mulut atau hidung dengan menggunakan telapak tangan atau punggung tangan saat batuk atau bersin, karena telapak dan punggung tangan cenderung rentan terinfeksi berbagai macam virus akibat aktivitas sehari-hari. Selanjutnya, setelah menggunakan tisu, buanglah ke tempat sampah, jangan menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan, hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit, jaga kebersihan benda yang sering disentuh serta jaga kebersihan lingkungan”, tutur dr. M Irfan.

Pada penghujung acara, diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E., para Asisten Danlantamal XIII, para Kadis / Kasatker Lantamal XIII, seluruh prajurit dan PNS Lantamal XIII serta seluruh prajurit Yonmarhanlan XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.