JAGA LINGKUNGAN HIDUP, DANLANAL DENPASAR HADIRI PENANAMAN POHON MANGGROVE

JAGA LINGKUNGAN HIDUP, DANLANAL DENPASAR HADIRI PENANAMAN POHON MANGGROVE

Lantamal V, (22/2), —

Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar, Lantamal V  Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo menghadiri kegiatan penanaman pohon manggrove  dalam rangka melaksanakan Program Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir yang terpusat di pantai Serangan, Denpasar Kemarin.

Penanaman pohon manggrove yang diselenggarakan oleh Ditpolairud Polda Bali melibatkan sekitar 200 orang peserta terdiri dari Instansi dan masyarakat yakni Lanal Denpasar, Denbekang Dam IX/Udayana, Regional Bali Nusra Pelindo III Benoa III, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar, Bea dan Cukai Denpasar dan Kelompok masyarakat serta Nelayan di sekitar pantai Serangan.

Kegiatan diawali dengan pengambilan apel yang dipimpin oleh Dirpolairud Polda Bali Kombes Pol Hadi Purnomo, SH.,MH serta Komandan Apel Kasubditbinops Ditpolairud Polda Bali Kompol Toni Sugadri yang pada saat itu pula diserahkan secara simbolis bibit mangrove kepada perwakilan peserta.

Dalam sambutannya Ditpolairud Polda Bali Kombes Pol Hadi Purnomo, SH.,MH menyampaikan bahwa “ kegiatan penanaman pohon mangrove berfungsi sebagai salah satu ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, banjir, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon dan menyediakan bahan-bahan alami penting dan menjadi sumber mata pencaharian.

“ Sebagaimana kita ketahui bersama ekosistem mangrove telah mengalami kerusakan. Kesebagian yang disebabkan antara lain oleh adanya lahan mangrove menjadi penggunaan lain Illegal loging, hama dan penyakit, pencemaran dan perluasan tambak serta budidaya yang tidak berkelanjutan. Hal ini telah menyebabkan deforestasi ekosistem pesisir, penurunan kualitas air dan polusi.

Fakta menunjukan bahwa sekitar 5% s.d 6% hutan mangrove hilang atau rusak setiap tahunnya. Kami harapkan dengan penanaman pohon mangrove ini dapat meningkatkan kesadaran keterlibatan masyarakat dalam pengelolaannya sehingga masyarakat merasa memiliki dan dapat mengambil manfaat ekonomi lingkungan sosial “ lanjutnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Ditpolairud Polda Bali Kombes Pol Hadi Purnomo, SH.,MH, Kepala Kantor Bea & Cukai Denpasar Ibu Kusuma Santi, CEO Regional Bali Nusra Pelindo III Benoa Bapak Wayan Eka Saputra, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar Bapak drh. Putu Teruna Negara, M.,M.