JALASENASTRI CABANG 2 KORCAB V DJA II, TERIMA CERAMAH  KESEHATAN JANTUNG KORONER

JALASENASTRI CABANG 2 KORCAB V DJA II, TERIMA CERAMAH  KESEHATAN JANTUNG KORONER

Lantamal V (21/2), —

Pengurus Jalasenastri Cabang 2 Korcab V, Daerah Jalasenastri Koarmada (DJA) II mendapatkan pencerahan tentang pentingnya menjaga kesehatan Jantung, papar dr. Toni Elia Parengkuan, Sp.,JP.,FIHA. Saat menyampaikan sosialisasi tentang “Penyakit Jantung Koroner Pencegahan Dan Penanggulangannya” yang digelar di Gedung Serbaguna Mako Lantamal V Surabaya. Jumat (21/2)

Acara diawali sambutan Ketua Cabang 2, Ny. Atik Kinasih A. Yudinanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran ibu-ibu  jalasenastri, yang telah meluangkan waktunya untuk bisa hadir di acara pertemuan rutin ini.

Lebih lanjut menurutnya, pertemuan rutin ini sangat penting untuk memupuk dan menjalin silaturahmi antar anggota jalasenastri karena hal ini merupakan wujud kepedulian pimpinan dalam bidang pembinaan keluarga yang tergabung dlm anggota Jalasenastri agar lebih mengenal satu dengan yang lainnya.

Kemudian apa yg nanti akan disampaikan oleh dr. Toni E. Parengkuan semoga bermanfaat bagi kita semua serta keluarga, dan nanti dapat disampaikan kepada seluruh anggota keluarga, khususnya mengenai kesehatan jantung koroner, pencegahan dan penanganannya.

Menurut Dr. Toni yang sehari hari berdinas di Rumkital dr. Oepomo Dan RSAL dr. Ramelan ini, Terjadinya Penyakit jantung koroner disebabkan karena atherosclerosis atau penimbunan lemak dan kekakuan pada dinding pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan gangguan otot jantung.

Janis Janis penyakit jantung diantaranya, Penyakit jantung koroner, penyakit jantung rematik, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung infeksi, kardiomiopati, dan penyakit jantung hipertensif.

Lebih lanjut menurutnya ada Factor factor yang dapat memperberat atau mempercepat terjadinya penyakit jantung koroner antara lain kurangnya aktivitas fisik, hipertensi, hiperkolesterolemia, over weight, stress, merokok, diabetes, hipertrigliseridemia,

Selain itu kita harus mengenal Gejala-gejalanya penyakit jantung koroner antara lain, nyeri dada, sesak nafas, mual, muntah, syok, gangguan irama jantung, gagal jantung, bisa juga tanpa gejala  yg mengakibatkan Sudden death.

Hal penting yang harus kita perhatikan dalam Penanganan serangan Jantung Koroner yaitu: Saat serangan segera ke UGD terdekat untuk mendapatkan penangan medis (resusitasi Jantung  dan paru paru) Setelah keluar dari RS, rajin kontrol, berobat teratur, kendalikan factor resiko, dan dukungan moril dari keluarga. Untuk mencegah Dan terhindar dari serangan Jantung Koroner sebaiknya kita melaksanakan pola hidup sehat, dengan chek up, kendalikan emosi/stress, JANGAN merokok, makan makanan berserat, hindari makanan yg berlemak tinggi, gula/hidrat arang, kolesterol,diet rendah garam, lakukan olah raga teratur Dan banyak bergerak.

Diakhir acara dilaksanakan sesi tanya jawab dan dilaksanakan foto bersama serta pemberian cindera mata dari Ketua Jalasenastri Cabang 2, Korcab V DJA II.