TIM SIAGA BENCANA BANJIR LANAL TEGAL EVAKUASI WARGA TERDAMPAK BANJIR

TIM SIAGA BENCANA BANJIR LANAL TEGAL EVAKUASI WARGA TERDAMPAK BANJIR

Lantamal V (20/2),—

1 Satuan Setingkat Peleton yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Banjir Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal di bawah kendali komando  Dankal Maribaya Letda Laut (P) Menot Kasiyono meluncur ke lokasi Banjir di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Dengan menggunakan 2 (Dua) buah Perahu Karet. Kamis, (20/02).

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan, sejak Rabu (19/2/2020) hingga Kamis (20/2/2020) pagi, merendam jalur pantura di Kelurahan Sipait, Kabupaten Pekalongan sepanjang 500 meter. Ketinggian air di jalur pantura rata-rata 50 cm sampai 100 cm. Sejumlah Prajurit dari Pangkalan TNI AL Tegal terpantau mengevakuasi warga yang rumahnya terkena Banjir.

Dari pantauan Anggota Penerangan Lanal Tegal yang berada di lokasi peliputan, 818 Orang Mengungsi karena Rumah terendam banjir. Banjir juga menyebabkan ribuan rumah terendam banjir dibeberapa kecamatan di kabupaten Pekalongan. Data dari PMI Kab. Pekalongan, ada 780 warga mengungsi di tujuh lokasi. Di antaranya, Masjid Al Karomah dan Aula Kecamatan Siwalan.

Dari keterangan Warga Sekitar Bantaran Sungai agar warga Kelurahan Sipait waspada, banjir disebabkan meluapnya Sungai Bremi dan Meduri. Diduga karena sungai dangkal sehingga tidak bisa menampung volume air. “Ini sudah enam kalinya banjir, kebanyakan warga mengungsi. Kami harap pemda tanggap dengan banjir yang sudah langganan,” ungkap Triyono.

Sementara itu Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M. Tr. Hanla.,CHRMP., melalui Dankal Maribaya mengatakan, begitu Kami  mendapat laporan dari Posal Kota Pekalongan karena adanya Banjir segera saya kerahkan Tim Siaga Banjir ke Kota Pekalongan.

Untuk titik lokasi pengevakuasian Tim Siaga II Banjir berada  di desa Sipait  Dukuhrejo RT 12 RW 05 Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Warga yang dievakuasi berjumlah 40 KK dengan ketinggian air 20 sampai 1 meter.

Warga diungsikan di Mess PT Lokatex 11 KK. Sementara warga yang belum bersedia direlokasi sebanyak 29 KK. Saya berharap dengan adanya tenaga bantuan dari Prajurit saya, akan meringankan beban keluarga sehingga tidak terjadi korban yang tidak diinginkan. Maka tim Siaga Banjir Lanal Tegal kami siapkan untuk mendukung wilayah kerja Lanal Tegal dari Kabupaten Brebes sampai Kabupaten Batang. Sementara ini yang terdampak banjir diwilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan. Jelas Danlanal Tegal.