RAYAKAN HARI RAYA GALUNGAN & KUNINGAN, PRAJURIT KOARMADA II GELAR PERSEMBAHYANGAN

TNIĀ  AL.Koarmada II, 19 Februari 2020

Hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan) yang dikenal oleh umat Hindu dengan Hari Raya Galungan, turut dirayakan oleh segenap prajurit dan PNS Koarmada II yang beragama Hindu dalam sebuah persembahyangan yang digelar di Pura Jala Wira Dharma Koarmada II Surabaya, pada Rabu (19/2).

Dalam persembahyangan tersebut hadir Dirjian Kodiklatal Laksma TNI I Wayan Suarjaya, Asrena Pangarmada II Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Kadiskes Koarmada II serta warga Hindu sekitar wilayah Perak.

Hari Raya Galungan yang dirayakan setiap 210 hari ini, mempunyai makna memperingati kemenangan dharma melawan adharma , dimana secara rohani manusia mengendalikan hawa nafsu yang sifatnya mengganggu ketenteraman batin.

Hawa nafsu dalam diri kita dikenal dengan nama Kalatiga yakni tiga macam kala, yang terdiri dari Kala Amangkurat yakni nafsu yang selalu ingin berkuasa, ingin menguasai segala keinginan secara batiniah dan nafsu ingin memerintah. Bila tidak terkendali tumbuh menjadi nafsu serakah untuk mempertahanĀ¬kan kekuasaan sekalipun me-nyimpang dari kebenaran.

Berikutnya Kala Dungulan yang berarti segala nafsu untuk mengalahkan semua yang dikuasai oleh teman kita atau orang lain. Yang terakhir yakni Kala Galungan yakni nafsu untuk menang dengan berbagai dalih dan cara yang tidak sesuai dengan norma maupun etika agama.

Selain itu Hari Raya Galungan bagi umat Hindu juga bermakna kemenangan melawan enam musuh yang ada dalam diri manusia, atau yang disebut Sad Ripu. Yakni Kama (nafsu, keinginan), Lobha (tamak, nafsu), Krodha (kemarahan), Moha (kebingungan) , Mada (mabuk), dan Matsarya (dengki,iri hati). Sementara untuk Hari Raya Kuningan akan dirayakan umat Hindu pada tanggal 29 Februari 2020 mendatang.

(Nov/Pen2)