PRAJURIT YONMARHANLAN V DETEKSI DINI KESEHATAN LAKSANAKAN URIKES

PRAJURIT YONMARHANLAN V DETEKSI DINI KESEHATAN LAKSANAKAN URIKES

Lantamal V (19/2), —

Dalam rangka mendeteksi dini tingkat kesehatan prajurit, Prajurit Batalyon marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan V) melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) rutin tahun 2020,  di Gedung Dinas Kesehatan Lantamal V Jln. Pati Unus no. 52, Ujung , Kecamatan Semampir, Surabaya Rabu (19/2).

Menurut Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, S.H,.M.M., Urikes rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana kontrol untuk mengetahui kesehatan prajurit petarung Yonmarhanlan V untuk melaksanakan tugas sehari-hari dan sebagai syarat bagi prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), ataupun untuk kelengkapan persyaratan sekolah atau pengembangan pendidikan.

Selain itu manfaat urikes adalah sebagai sarana deteksi dini personel, dengan melaksanakan urikes kita dapat mengetahui kondisi kita sesungguhnya. Semisal ditemukan gangguan atau kelainan kesehatan dengan urikes kita akan tahu gejala penyakit apa dan bagaimana cara penanganan medisnya.

Lanjutnya, tingkat kesehatan fisik para prajurit harus selalu terjaga dan terkontrol, untuk itu diharap setiap prajurit sadar akan pentingnya kesehatan.

Danyon menilai, kesehatan fisik sangat mendukung kelancaran tugas pokok prajurit Petarung dalam mengemban berbagai bidang penugasan maupun pada saat melaksankan latihan.

“Untuk Prajurit jangan takut dan jangan ragu melaksanakannya, justru dengan Urikes rutin, secara dini kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita bila ada kelainan atau sakit. Selain itu kita jadi tahu tingkat kesehatan dan kemampuan fisik masing-masing,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan Uji Pemeriksaan kesehatan (Urikes) diantaranya kesehatan mata, telinga, jantung, gigi dan darah serta pemeriksaan yang lebih lengkap dan kompleks, meliputi pemeriksaan Thorax photo dan  Elektrokardiografi (EKG).