LANAL PALU LATIH PARA PEMUDA DESA LEBO SELAM DASAR

TNI AL. Koarmada II, 18 Februari 2020

Sebagaimana tindak lanjut dari penekanan Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, tentang peran aktif setiap pangkalan TNI AL dibawah jajaran Koarmada II dalam memberdayakan potensi maritim di daerah pesisir Indonesia.

Mengacu pada hal tersebut, Lanal Palu bersinergi dengan Pos TNI AL (Posal) Parimo mengadakan pelatihan selam dasar yang diikuti oleh para pemuda Desa Lebo, anggota Saka Bahari Binaan Lanal Palu dan juga personel lanal, bertempat di Pantai Desa Lebo sekitar Posal Parimo, pada Minggu (16/2) lalu.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta dilatih langsung oleh Kapten Laut (T) Hari Sujarwo yang kesehariannya bertugas sebagai Pgs. Paspotmar Lanal Palu sekaligus sebagai pembina pemuda/pemudi Bahari di Sulawesi Tengah, khususnya wilayah kerja Lanal Palu.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta diberikan materi dan praktek selam. Antara lain  pengecekan serta pengisian peralatan dan tabung selam,  kemudian teori serta pengetahuan alat selam, praktek pemanasan fisik di darat dan di air, praktek masker clearing dan snorkel clearing, praktek menyelam SCUBA di kedalaman 1 meter – 2 meter dan praktek menyelam di kedalaman 5 meter.

Pada bagian lain, Komandan Lanal Palu Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi sebagai inisiator kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan dari latihan selam dasar ini tidak lain agar para pemuda dan personel lanal bisa menyelam. Dengan begitu mereka bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang dimiliki oleh Desa Lebo.

“ Latihan ini bertujuan untuk membekali para pemuda dari desa-desa setempat dan juga Saka Bahari Lanal Palu dengan kemampuan selam dasar, agar mereka bisa menikmati keindahan alam bawah laut Desa Lebo dan sekitarnya. Kita berharap melalui pelatihan ini wawasan kelautan dan rasa cinta mereka terhadap laut juga bertambah,” ujar Rahadian.