WADAN LANTAMAL V TEKANKAN PENGURUS HARUS TEGAS DAN CERMAT DALAM BERKOPERASI

WADAN LANTAMAL V TEKANKAN PENGURUS HARUS TEGAS DAN CERMAT DALAM BERKOPERASI

Lantamal V 917/2), —

Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E, mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Laksamana Pertama  TNI Tedjo Sukmono S.H., CHRMP.,membuka Rapat Anggota Tahunan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Primkopal Mako Lantamal V yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Mako Lantamal V.Senin (17/2).

Dalam sambutannya Komandan Lantamal V yang dibacakan oleh Wadan Lantamal V  mengatakan bahwa laporan pertanggungjawaban seperti ini telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun, sebagai sarana informasi kepada seluruh anggota tentang kegiatan primkopal mako Lantamal V selama tahun buku 2019.

Pada tahun buku 2019 terjadi penurunan SHU yang cukup signifikan di banding SHU tahun lalu. penurunan SHU ini merupakan pekerjaan rumah bagi seluruh pengurus primkopal Mako Lantamal V maupun anggota agar lebih giat lagi dalam mengelola usaha koperasi demi kemajuan primkopal, peran penasehat dan pengawas juga tidak kalah pent|ng dalam mengendalikan dan mengawasi setiap kegiatan koperasi kita.

Pada saat ini jumlah anggota primkopal mako Lantamal V sebanyak 2.165 orang jumlah anggota sebanyak ini harus dilihat sebagai potensi yang sangat besar dan bisa dikelola serta diberdayakan untuk memajukan koperasi kita, tegasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, pengurus koperasi harus cerdas dan cermat dalam mengembangkan usaha koperasi yang dilandasi oleh prinsip kehati-hatian dalam memilih jenis usaha yang betul-betul dapat memberikan keuntungan dan selalu menghindari usaha-usaha yang sifatnya tidak jelas atau coba-coba sehingga dapat merugikan koperasi.

Kegiatan usaha primkopal Mako Lantamal V Surabaya paparnya, cukup beragam secara keseluruhan adalah usaha yang menghasilkan keuntungan. seperti  penjualan barang dagangan (sembako) di 2 (dua) toko yaitu toko denma dan toko danakarya serta kredit barang, jasa usaha primkopal Mako Lantamal V meliputi jasa sewa gedung/gudang, foto copy. rental mobil,  dan cuci mobil.

Selain itu adanya Unit usaha simpan pinjam sebagai salah satu usaha yang cukup menjanjikan dari segi pendapatan dan sangat membantu anggota untuk mendapatkan pinjaman secara mudah dengan bunga yang kecil dibandingkan tempat lain.

Saya selaku penasihat perlu menekankan kepada pengurus primkopal Mako Lantamal V berdasarkan buku laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas primkopal Mako Lantamal V tahun buku 2019. untuk pinjaman khusus agar sangat selektif dan hati-hati.

Ke depan saya berharap agar pengelolaan koperasi yang baik terdapat pada kepengurusan dan keanggotaan yang cukup dengan tanggung jawabnya. sebab dari prilaku yang baik akan menimbulkan kondisi koperasi yang berdampak baik. jadi koperasi harus segera dibenahi dan ditata agar sesual dengan peran pentingnya bagi anggota.

Tak hanya sekedar memperbaiki kondisi koperasi. sebaiknya koperasi juga dituntut untuk menciptakan kondisi yang baik seluruh aspek dalam organisasinya dan berkomunikasi dengan pihak luar.

koperasi harus tanggap dan cermat dalam membaca fenomena yang terjadi disekitarnya. merupakan kemutlakan agar koperasi tidak tertinggal ataupun bahkan berembus ke pinggir oleh gemuruh perubahan dengan segala perubahan dengan segala implikasi yang ditimbulkannya.

sebelum mengakhiri sambutannya. Ia berpesan kepada pengurus dan pengawak primkopal Mako Lantamal V, hendaklah selalu diingat bahwa tujuan koperasi didirikan untuk kesejahteraan para anggotanya. oleh karena itu para personel yang diberi kesempatan dan kepercayaan untuk duduk sebagai pengurus dan pengawak primkopal Mako Lantamal V hendaknya selalu menjunjung tinggi kejujuran, serta selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang perkoperasian sehingga dapat mengemban tugas kepercayaan tersebut.

Usai acara pembukaan  dilanjutkan dengan sidang rapat anggota tahunan yang dipimpin  oleh Mayor Laut (P) Rudy sebagai ketua sidang dan sekaligus membuka sidang Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2019.

Hadir dalam Rapat Anggota Tahunan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Primkopal Mako Lantamal V Tahun Buku 2019  Asintel Danlantamal V, Asops Danlantamal V, Aspers Danlantamal V, Asrena Danlantamal V, Aslog Danlantamal V, Kepuskopal Koarmada II, Kadiskop dan UMKM Kota Surabaya (diwakilkan Kepala Bidang Koperasi), Dansatrol Lantamal V, Kadiskes Lantamal V (diwakilkan), Keprimkopal Mako Lantamal V, Danyonmarhanlan V, Wadan Pomal Lantamal V, Wadan Tim Intel Lantamal V, Para Kadis dan Kasatker Lantamal V, Wakil Ketua Korcab V DJA II dan Pengurus Korcab V DJA II