SATGAS BENCANA ALAM LANAL YOGYAKARTA SIAGA ERUPSI GUNUNG MERAPI

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 15 Februari 2020.

Menindak lanjuti perintah Panglima Koarmada II agar setiap pangkalan di bawah jajaran Koarmada II berperan aktif meningkatkan sinergitas antara TNI AL dengan rakyat, Lanal Yogyakarta menggelar Apel Siaga Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam, bertempat di lapangan apel mako lanal tersebut di Jl. Melati Wetan 62 Baciro Yogyakarta pada Kamis (13/02).

Dalam keterangan persnya, Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi potensi bencana akibat pengaruh erupsi gunung Merapi.

Bambang juga menjelaskan jika Apel Siaga Satgas Bencana yang ber-posko di Mako Lanal Yogyakarta ini, bertujuan untuk melihat langsung kesiapan personel dari masing-masing tim, baik tim kesehatan maupun tim pengamanan.

“ Selain kesiapan personel juga dilaksanakan pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana, diantaranya kendaraan truk untuk mobilitas personel, kendaraan ambulans, sekoci karet, alat komunikasi, sekop, tali, masker, kaos tangan, jas hujan serta material pendukung kegiatan Search And Rescue (SAR),” bebernya.

Pada bagian lain Bambang juga menekankan agar personel satgas bencana berperan aktif dan bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri, pemerintah daerah, BPBD, unsur SAR serta relawan di wilayah Yogyakarta, agar selalu siap setiap saat jika terjadi kedaruratan bencana alam akibat erupsi gunung Merapi.

” Mengingat jika wilayah-wilayah yang akan terdampak erupsi gunung Merapi, sebagian besar merupakan wilayah kerja Lanal Yogyakarta,” pungkas Bambang

(Hdx/Pen2).