LEGALITAS HUKUM YANG KUAT DALAM MENYIKAPI PERMASALAHAN TINDAK PIDANA DI LAUT

 

Lantamal VII Kupang – Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII (Danlantamal VII) Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa memimpin acara penyumpahan perwira Lantamal VII sebagai perwira penyidik tindak pidana tertentu di laut TA. 2020, bertempat di Ruang Serba Guna, Markas Komando (Mako) Lantamal VII, Jumat (14/02/20).

 

Dalam petikan sambutannya Danlantamal VII Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa ”perlu kita ketahui dan sadari bahwa negara kita terdiri dari ribuan pulau-pulau besar dan kecil dengan dua pertiga wilayahnya adalah perairan atau lautan, sehubungan dengan itu perlunya adanya peningkatan kemampuan  personel TNI AL yang memiliki legalitas hukum yang kuat dalam menyikapi setiap permasalahan tindak pidana di laut yang semakin kompleks. Konvensi hukum laut internasional (unclos 1982) yang telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia, memberikan kewenangan penegakan hukum bagi KRI terhadap setiap bentuk pelanggaran atau kejahatan yang dilakukan di dan lewat laut, baik kejahatan yang bersifat nasional maupun internasional, hal ini merupakan tugas angkatan laut dalam menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional indonesia sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan memberikan kewenangan kepada setiap perwira TNI AL sebagai penyidik. Kewenangan perwira TNI AL selaku penyidik tindak pidana di laut berlaku secara universal dan telah ditetapkan oleh Panglima TNI, namun untuk legalitas perlu pengukuhan yang dilakukan dengan pengambilan sumpah. Pengambilan sumpah sebagai perwira penyidik tindak pidana tertentu di laut bukan acara ceremonial belaka, melainkan untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan sekaligus dapat memberikan kepastian hukum dalam melaksanakan tugas dilapangan serta mengandung makna sebagai suatu ikrar kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama yang dianut untuk bertindak dan berbuat secara jujur, benar, dan adil dalam melaksanakan tugas”.

 

Pada acara tersebut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kupang; Wadan Lantamal VII; Para Asisten Danlantamal VII; Dansatrol Lantamal VII; Danlanal Pulau Rote; Para Kasatker Lantamal VII; Danyonmarhanlan VII; Para Perwira, Bintara dan Tamtama.

 

Selesai acara penyumpahan, Danlantamal VII memberikan ucapan selamat kepada seluruh perwira penyidik tindak pidana tertentu di laut TA. 2020, di ikuti oleh seluruh pejabat Lantamal VII yang mengikuti acara tersebut. Selama berlangsung aman, tertib dan lancar.

 

/ Dispen Lantamal VII