SAMBUT HUT KE-74 , DANPOM KOARMADA II ADAKAN SOSIALISASI FUNGSI POMAL

TNI AL. Koarmada II, 11 Februari 2020

 

Komandan Polisi Militer (Pom) Koarmada II Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono memberikan penjelasan dalam acara sosialisasi tentang Fungsi Polisi Militer dalam rangka HUT ke-74 Polisi Militer Angkatan Laut, bertempat di Lounge Room KRI Surabaya-591, pada Senin (10/2).

 

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para Bintara Provost dan anggota Satuan Provost Denma Koarmada II. Para peserta mendapatkan informasi mengenai fungsi Polisi Militer yang sebenarnya, yakni menyelenggarakan pemeliharaan ketertiban, penegakan disiplin, hukum dan tata tertib di lingkungan militer suatu negara guna menegakkan kedaulatan negara tersebut.

 

Dalam kesempatan ini juga dijelaskan jika fungsi tugas antara Pom dan Provost di lingkungan TNI mempunyai perbedaan tersendiri. Menurut Joko, Pom memiliki kewenangan penyidikan perkara pidana dan selanjutnya melimpahkan berkas perkara pidana kepada Oditur Militer (Otmil) sesuai wilayah kerja masing – masing.

 

“Sedangkan Provost bertindak sebagai unit servis di setiap satuan, yang memiliki 3 fungsi saja yakni penyidikan terbatas, pengamanan internal dan pemeliharaan ketertiban. Personel terdiri dari berbagai korps pada setiap Satker, serta tidak ada kewenangan melimpahkan berkas perkara pidana ke Otmil hanya terbatas pada berkas disiplin, “ pungkas Joko , sapaan akrab Danpom Koarmada II ini.

 

(NDR/PEN2)