SANDAR DI KOTABARU, KRI FATAHILLAH PUKAU PARA PELAJAR

TNI AL Koarmada II,  10 Februari 2020

 

Dalam perjalanan lintas laut menuju Makassar untuk melaksanakan tugas operasi di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, KRI Fatahillah-361 singgah sejenak di Pelabuhan Stagen Dermaga Jetty, Kotabaru pada Jumat (7/2).

 

Keadaan tersebut digunakan oleh komandan kapal Letkol Laut (P) Agus Setiawan dengan memberi kesempatan masyarakat Kotabaru dan sekitarnya untuk mengunjungi KRI Fatahillah. Gayung bersambut dengan banyaknya masyarakat yang antusias berkunjung untuk melihat langsung bagian-bagian kapal.

 

Salah satunya yakni para pelajar dari SMK Darud Da’wah Wal Irsyad Batu Licin. Sebanyak 35 siswa kelas 10 yang mewakili dari jurusan yang berbeda, rela menempuh perjalanan jauh selama satu jam menggunakan kapal ferry demi bisa mengunjungi kapal perang TNI AL dari Satuan Eskorta (Satkor) Koarmada II ini.

Dengan didampingi perwira kapal Letda Laut (E) Rizky Arfiantoro dan Letda Laut (P) Novandi Rizkiawan, mereka dijelaskan tentang tata cara kerja yang berada di KRI Fatahillah dan berkeliling mengenali tentang peralatan yang ada di kapal. Selain menjelaskan bagan umum kapal, mereka juga diberikan motivasi untuk menjadi penerus TNI AL kedepannya.

 

“Mengisi waktu luang para prajurit kita isi dengan hal-hal bermanfaat. Salah satunya memberi kesempatan masyarakat untuk mengenal lebih dekat TNI AL dengan berkunjung ke kapal. Untuk para pelajar juga kita promosikan tentang peluang menjadi prajurit TNI AL melalui berbagai jalur pendidikan yang tersedia,” terang Agus, sapaan karib Sang Komandan

 

Hal ini senada dengan perasaan para siswa yang semuanya merasa bangga dan senang, serta terinspirasi menjadi prajurit TNI AL setelah selama kurang lebih setengah jam mengikuti  tour of the ship di KRI Fatahillah-361.

 

(NDR/PEN2)