TINGKATKAN PROFESIONAL PRAJURIT, SATRAN KOARMADA II GELAR LATIHAN PENYELAMATAN KAPAL

TNI AL. Koarmada II, 8 Januari 2020.

Satuan Kapal Ranjau (Satran) dibawah jajaran Koarmada II yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, laksanakan latihan Peran Penyelamatan Kapal bertempat di KRI Pulau Rupat-712 dan Puspek Nubika Kodiklatal, Jum’at (7/2).

Menurut Cecep-sapaan akrab Dansatran Koarmada II, latihan yang digelar sejak tanggal 3 hingga 7 Februari 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, pengetahuan, keterampilan dan penguasaaan prajurit sebagai ABK, terhadap seluruh peralatan penyelamatan yang dimiliki kapal buru ranjau Koarmada II.

“Sebagai prajurit pengawak KRI di jajaran Satran, kalian harus benar-benar memahami tentang kondisi teknis dan kemampuan kapalnya dalam pelaksanaan tugas pokok,” ujar Cecep.

Cecep juga menekankan bahwa latihan Peran Penyelamatan Kapal yang dilaksanakan ini bukan sebagai keraguan pimpinan terhadap kemampuan prajurit,  namun lebih bertujuan untuk merefresh dan mengevaluasi pelaksanaan latihan penyelamatan kapal yang dilaksanakan oleh Tim PEK maupun Divisi Jaga di kapal.

“Betapa pentingnya kemampuan kita untuk menanggulangi bahaya kebakaran maupun kebocoran khususnya di KRI. Di mana aset yang kita selamatkan merupakan tempat kita bertugas memberikan pengabdian terbaik bagi TNI AL bangsa dan negara yang kita cintai, ” tandasnya.

Cecep juga berharap agar dalam latihan para prajurit mau bertanya dan melaksanakan diskusi tentang dinamika dan kondisi di KRI, dengan kesungguhan hati dan tetap memperhatikan seluruh prosedur keamanan dan keselamatan sehingga dapat berguna di penugasan nantinya.

(Hdx/Pen2).