DISKES KOARMADA II GELAR SOSIALISASI PENYEBARAN DAN PENANGKALAN VIRUS CORONA

TNI AL. Koarmada II, Kamis 06 Februari 2020

Wabah virus corona membuat panik masyarakat dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Hal ini pula yang membuat tim promosi kesehatan (Promkes) dari Dinas Kesehatan Koarmada II mengadakan sosialisasi tentang antisipasi penularan virus tersebut, kepada prajurit dan PNS yang memenuhi  Ruang Rapat Guspurla Koarmada II pada Kamis (6/2).

Menurut Lettu Laut (K) dr. Imam Syafie, salah satu narasumber mengatakan bahwa Corona berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok yang beredar mulai 31 Desember 2019 dan teridentifikasi mulai 7 Januari 2020. Gejala yang ditimbulkan yaitu demam dan batuk kering.

Virus Corona berasal dari virus hewan liar dan makanan, dan cara penularan antara manusia dengan manusia ketika batuk, bicara, bersin, dan lainnya. Kemudian lewat udara maupun kontak badan juga bisa menjadi media penularan.

“Adapun cara pencegahannya yaitu rajin mencuci tangan, pakai masker, temperatur cek berkala, jauhi tempat-tempat ramai, jangan pernah pegang muka kalau tidak cuci tangan, serta selalu menerapkan perilaku hidup sehat,” terang dr. Imam Syafie.

Selain itu tim promkes pimpinan Kapten Laut (K) Suparman ini juga memberikan penyuluhan tentang  teknik pemberian Bantuan Hidup Dasar, serta  penyakit  Metabolik yang  terdiri dari Hypertensi ( darah tinggi) dan Diabetes Melitus (Kencing Manis). 

“ Kegiatan promkes ini adalah program rutin Diskes Koarmada II sebagai upaya pembinaan kesehatan para prajurit yang bersifat preventif, kuratif dan rehabilitative. Hal ini juga  didasari oleh himbauan Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto, agar setiap prajurit peduli akan kesehatan diri  sendiri  dengan menjalani hidup sehat dan olahraga,” ujar Suparman.

Nampak ikut hadir menyimak penyuluhan yakni Danguspurla Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo beserta staf, juga perwakilan anggota dari Inspektorat, Spers, dan Disminpers Koarmada II.

(NDR/PEN2)