LANAL MAUMERE SIAP MENGHADAPI UJI TERAMPIL P1 DAN P2 2020

Lanal Maumere РBertempat di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere  Jl. Magepanda Km. 10 Kelurahan Wuring Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka, Prajurit Lanal Maumere melaksanakan Latihan PBB, Latihan Pasukan Huru Hara (PHH) dan Latihan Peran Bahaya Umum dalam rangka kesiapan Uji Terampil P1 dan P2. Selasa, (04/02/20).

Disimulasikan Berawal dari sekelompok warga desa Nangahure Lembah yang ditangkap oleh tim patroli Lanal Maumere karena melakukan penangkapan ikan menggunakan bius dan bom ikan, sehingga sekelompok warga desa Nangahure Lembah mendatangi Mako Lanal Maumere menuntut agar rekannya dibebaskan.

Warga yang datang cukup ramai dan ingin menerobos Mako Lanal Maumere dengan berteriak teriak bebaskan rekannya yang di tahan, sehingga terjadi Negosiasai antara warga desa Nangahure Lembah dengan TNI AL Lanal Maumere, namum negosiasi berlangsung alot karena disusupi oleh Provokator yang mengompori warga Desa Nangahure Lembah, tak ada pilihan lain Tim PHH Lanal Maumere menghalau massa yang semakin menjurus kearah brutal yang menimbulkan luka pada massa pendemo dan tim PHH. massa berhasil di halau dan dipukul mundur, kemudian massa membubarkan diri masing-masing sedangkan untuk provokator ditangkap untuk dilakukan pemeriksaan mendalam oleh Unit Intel dan Pomal Lanal Maumere.

Tak sampai disitu tetapi tanpa diduga Mako Lanal Maumere mendapat serangan bahaya umum dari segala penjuru, untuk itu dengan sigap Prajurit Lanal Maumere mendeteksi dan melakukan infiltrasi didaerah yang dicurigai datangnya serangan dengan cara posisi siap tempur dan terjadi baku tembak. tak selang berapa lama baku tembak berhenti dan memastikan situasi aman, dengan kerugian materil dan personil nihil.

Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto mengatakan dengan dilaksanakan latihan PHH dan latihan peran bahaya umum dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Lanal Maumere dalam menghadapi uji terampil P1 P2 dan tuntutan tugas kedepannya.

 

JALESVEVA JAYAMAHE.

 

@Lanal Maumere

By. Dispen Lantamal VII.