ASAH KEMAMPUAN BELADIRI, PRAJURIT YONMARHANLAN V LAKSANAKAN LATIHAN KARATE

ASAH KEMAMPUAN BELADIRI, PRAJURIT YONMARHANLAN V LAKSANAKAN LATIHAN KARATE

 Lantamal V (4/2), —

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, segenap prajurit petarung Yonmarhanlan V menyelenggarakan latihan bela diri Karate di bawah binaan langsung Pasiop Yonmarhanlan V Kapten Marinir Taufiq Hidayat yang di gelar di lapangan Apel Mako Yonmarhanlan V Jln. Stasiun Benteng Ujung No. 1 Surabaya, Selasa  (4/2).

Pelatihan bela diri yang rutin dilaksanakan oleh prajurit-prajurit petarung Yonmarhanlan V ini dipandu oleh  anggota Staf Personalia Yonmarhanlan V , yang berkualifikasi Senpai yakni Sertu Mar Suprayogi.

Latihan bela diri ini dilaksankan adalah guna membekali para prajuritnya, dengan berlatih ilmu beladiri secara otomatis akan menambah ketangkasan dan kesigapan masing-masing prajurit  terutama ketika  berada di medan tugas ataupun kegiatan latihan lainnya, mengingat tuntutan tugas kedepannya yang semakin kompleks, selain itu juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit terutama yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan fisik prajurit.

Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, S.H,.M.M mengakui bahwa beladiri Karate merupakan salah satu seni bela diri militer, yang wajib dikuasai oleh setiap prajurit TNI. guna menghadapi segala situasi serta kondisi yang tidak dapat diprediksi oleh prajurit. Karena Karate adalah seni bela diri yang mengandalkan ketepatan, kecepatan  dan kekuatan dalam pertarungan jarak dekat, ujarnya.

Untuk itu saya tekankan kepada segenap prajurit dalam berlatih supaya bersungguh-sungguh ikuti apa yang menjadi instruksi pelatih, jangan main-main dalam berlatih sebab banyak sekali manfaat dari latihan beladiri yang satu ini, selain untuk membela diri atau mempertahankan diri juga banyak manfaat lainnya yakni dengan latihan karate secara baik dan benar dapat  menguatkan Otot Lengan dan Kaki, kenapa demikian jelasnya, karena gerakan dasar dari karate adalah memukul dan menendang. Saat kita berlatih gerakan memukul atau menendang, saat itu juga ada otot lengan maupun kaki  yang berkontraksi jika ini secara kontinu dilakukan maka akan membuat otot kaki maupun tangan kita akan menjadi lebih kuat.

Dengan rutin melakukan lataihan Karate juga dapat Meningkatkan Konsentrasi, karena saat latihan apalagi pada saat bertanding pikiran kita dituntut harus fokus, Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan yang tidak kalah penting adalah dapat menambah teman, pungkasnya.