OPEN SHIP KRI UNTUNG SUROPATI-372 TAMBAH WAWASAN MARITIM PELAJAR DI PULAU SEBATIK

TNI AL. Koarmada II, 27 Januari 2020

Banyak jalan menuju  Roma, peribahasa tersebut kiranya tepat menggambarkan usaha yang dilakukan oleh Komandan KRI Untung Suropati-372 beserta seluruh prajurit untuk menambah wawasan dan pengetahuan kemaritiman para pelajar SMPN 1 Sebatik.

“Melalui kegiatan Open Ship atau Kunjungan Kapal, tidak hanya wawasan maritim yang bertambah tapi juga animo pelajar menjadi prajurit bisa tumbuh ketika kami mempromosikan tentang TNI AL,” ujar Andi- sapaan karib Komandan KRI USP-372 ini.

Hal tersebutkan diungkapkan Andi manakala kapal perang yang berada di jajaran Satuan Eskorta (Satkor) Koarmada II ini menggelar acara Open Ship, bertempat di Dermaga Sei Pancang , Pulau Sebatik pada hari Senin (27/1). Kegiatan ini diikuti  sebanyak 43 orang siswa siswi SMPN 1 Sebatik beserta guru pendamping mereka.

Untuk memuaskan keingintahuan para pelajar, perwira dan prajurit mengajak mereka berkeliling kapal untuk melihat dari dekat kegiatan keseharian prajurit TNI AL saat berada di kapal perang. Selain itu mereka juga mendapat penjelasan tentang fungsi dari beberapa peralatan yang terdapat di kapal perang tersebut.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Sebatik Cahaya, S.Sos mengapresiasi positif kegiatan Open Ship ini. Menurutnya kegiatan ini juga mampu menumbuhkan semangat nasionalisme bagi siswa sebagai bangsa Indonesia, mengingat Pulau Sebatik adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

Sedangkan keberadaan KRI USP-372 di Pulau Sebatik adalah dalam rangka melaksanakan operasi militer selain perang, yang berada dibawah kendali  Gugus Tempur Laut Koarmada II. Disamping untuk bersilaturahmi dengan masyarakat setempat dan mengetahui aspirasi serta persepsi mereka terhadap eksistensi TNI AL di pulau tersebut, yang notabene berbatasan langsung baik darat maupun laut dengan negara Malaysia.

(NDR/PEN2)