Peringati Dharma Samudera 2020, Lanal Denpasar Anjangsana ke Pelaku Sejarah

Peringati Dharma Samudera 2020, Lanal Denpasar Anjangsana ke Pelaku Sejarah

Lantamal V (16/1), —

Pada peringatan Hari Dharma Samudera 2020, Pangkalan TNI AL Denpasar Bali, Lantamal V  melaksanakan anjangsana kepada para tokoh pelaku sejarah yang terlibat langsung peristiwa pertempuran Laut Arafur pada tanggal 15 Januari 1962,  Kamis (16/1).

Komandan Lanal Denpasar yang diwakili Paspotmar didampingi Danposal Yeh Gangga dan 3 orang anggota staf Potmar Lanal Denpasar melaksanakan anjangsana pertama kepada Sertu Bah (Purn) I Ketut Semada Putra NRP 13940 anggota KRI Multatuli yang waktu itu adalah salah satu anggota Kapal Komando pada operasi khusus yang merupakan langkah awal dari TRIKORA.

Kemjdian Sertu Bah (Purn) I Ketut Semada Putra purna tugas pada tahu 1984 dan saat ini tinggal di salah satu rumah yang beralamat Jl A. Yani, Br Abian Tuwung Mengwi, Kab. Badung, Bali bersama Istrinya yaitu Ni Made Kawi Tenaya yang sudah berumur 83 tahun dan saat ini menderita Stroke, namun masih bisa beraktifitas normal dan juga mengelola sebuah Gerakan masyarakat yang bernama GMT.

Berikutnya melaksanakan anjangsana kerumah salah satu istri dari pejuang pelaku sejarah pertempuran laut arafuru Alm. Serka Bah I Nyoman Toya di Br. Ksatria Ds. Kusamba Kec. Dawan Kab. Klungkung, Bali.

Pemberian tali asih kepada pelaku sejarah juga dilaksanakan yang merupakan bentuk kepedulian dan penghormatan terhadap jasa-jasa para pejuang atas menyatunya wilayah NKRI.

Disela-sela kegiatan melaksanakan ziarah ke TMP Pancaka Tirtha di Kab. Tabanan untuk memanjatkan doa kepada Pahlawan TNI AL yaitu Lektol Laut Soekamto, Kapten Laut Markadi dan Kapten Laut Gusti Putu Mendra.

Menurut Paspotmar Mayor Laut (KH) I Dewa Ketut Dana Susila bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dalam memperingati hari Dharma Samudera Th. 2020, dengan mengenang jasa-jasa dan semangat perjuangan para pahlawan akan menghidupkan kembali rasa Nasionalisme dan Patriotisme kita semua sebagai pewaris di masa sekarang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Paspotmar Mayor Laut (KH) I Dewa Ketut Dana Susila, Danposmat Yeh Gangga Pelda Mes I Wayan Mardita dan 3 orang anggota Staf Potmar.