KENANG PATRIOT PERTEMPURAN LAUT ARAFURU, PRAJURIT LANTAMAL XIII GELAR NONTON BARENG FILM “A BRAVE GENTLEMAN 2020”

TARAKAN – Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 telah tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah Indonesia. Kumandang “Kobarkan semangat pertempuran” yang diserukan oleh Komodor Yos Sudarso lewat radio telefoni, mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada musuh yang lebih unggul kekuatannya. RI Matjan Tutul tenggelam secara gentle and brave bersama Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa. Dihari yang bersejarah, Rabu (15/01/2020) tadi malam, seluruh prajurit Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII menggelar nonton bareng film “A Brave Gentlemen 2020” guna mengenang kisah heroik pertempuran Laut Arafuru, bertempat di Gedung Serbaguna Markas Komando Lantamal XIII Jl. Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan Tarakan Timur Provinsi Kalimantan Utara pada pukul 21.00 Wita Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. memimpin acara nonton bareng dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 2020.

Pada acara amanat, Danlantamal XIII membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.. Beliau menyampaikan bahwa acara mengenang Pertempuran Laut Arafuru, memiliki dua tujuan. Pertama, acara ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pahlawan Pertempuran Laut Arafuru dan Pertempuran Laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Sejarah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya.

Tujuan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian. Kenyataan telah memperlihatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter nasionalnya yang mampu menyaring nilai-nilai global untuk kepentingan nasionalnya.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Wadan Lantamal XIII Tarakan, Kolonel Mar Ali Bahar Saragi, S.E. para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII dan para Kasatker Lantamal XIII. Selesai pelaksanaan nonton bareng dilanjutkan dengan do’a Bersama secara Islam dan Khatolik kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Gugur Bunga.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II