Dispenlan8, 13 Januari 2020. Bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal VIII Manado dilaksanakan kegiatan makan ikan bersama dalam rangka Hut Ke-73 Yayasan Hangtuah Tahun 2020 yang diikuti oleh seluruh Siswa/i TK dan SMP Hangtuah Manado. Senin (13/1). Dalam kegiatan tersebut diisi dengan berbagai penampilan mulai dari Fashion show oleh Siswa/i TK dan SMP Hangtuah, pembacaan pusi oleh siswi TK Hangtuah, Paduan suara oleh Siswa/i TK Hangtuah dan dilanjutkan dengan makan ikan bersama. Ikan termasuk makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, namun rendah dengan lemak jenuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan seperti vitamin dan mineral yang tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat makan ikan sangat baik bagi jantung, pembuluh darah arteri, pembuluh darah vena karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam ikan. dengan rutin mengkonsumsi ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan gagal jantung, serta meningkatkan kecerdasan otak pada bayi dan anak-anak. Hadir pada acara tersebut, Danlantamal VIII diwakili oleh Asintel Danlantamal VIII Kolonel Laut (E) Ir. Arnoldus Triono, M.M, Kakuwil Lantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII, Pengurus Jalasenastri Korcab VIII DJA II, Pengurus Yayasan Hangtuah, Siswa/i TK dan SMP Hangtuah Manado.

Koarmada II. Dispenlant8, 14 Januari 2020. bertempat di pantai “I AM AMURANG” Jln. Boulevard Podang Amurang Kab. Minsel, telah dilaksanakan Bersih-bersih Pantai dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2020. Pada kegiatan tersebut Bupati Minsel Christiany Eugenia Tetty bertindak selaku Inspektur Upacara pada pembukaan kegiatan tersebut dan didampingi oleh Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud. Selasa (14/1).

Dalam sambutannya Bupati Minsel menyampaikan, Laut adalah bagian dari kehidupan masyarakat minahasa selatan, bahkan dari laut pulalah masyarkat hidup, tumbuh dan berkembang, untuk itulah kita semua harus menyadari akan betapa pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai. Pelaksanaan bersih bersih pantai dalam rangka peringatan hari Dharma Samudera tahun 2020 saat ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tindakan nyata untuk menyelamatkan kelestarian laut dan pantai.

Saya berharap kegiatan bersih bersih pantai bukan hanya menjadi wacana dan kegiatan seremonial belaka namun benar benar dapat menjadi budaya masyarakat untuk terus dilanjutkan dan hasilnya dapat menjadi warisan bagi generasi penerus dimasa yang akan datang.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi laut salah satunya langkah yang paling mudah adalah dengan tidak membuang sampah ke laut dan pantai. Maka tingkat pencemaran pun dapat ditekan sehingga lautan sebagai penyedia sumber air dan oksigen tetap terjaga serta tingkat keanekaragaman hayati khususnya biota laut pun tidak terancam punah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlantamal VIII (Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasuta M.Mar. Stud), Bupati Minsel (Ibu Christiany Eugenia Paruntu), Wakil Bupati Minsel (Bpk Frangky Wongkar S.H.), Wakil Ketua DPRD Minsel (Bpk. Paulman Runtunewe), Asisten 1 Kab. Minsel (Bpk Frangky Tangkere), Asisten 2 Pemkab Minsel (Bpk. Jems Tombokan), Kasatpol PP Pemkab Minsel (Bpk Hendri Palit), serta diikuti oleh Personel Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII, Kodim Minsel, Polres Minsel, Damkar Pemkab Minsel, ASN Pemkab Minsel, Satpol PP Pemkab Minsel, Karyawan Hotel Sultan Raja, Siswa-siswi SMPN 1 Amurang Timur dan Masyarakat sekitar 530 Orang.