Siaga Bencana, Lanal Banyuwangi Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Banjir di Dusun Pakem Karangrejo

Siaga Bencana,  Lanal Banyuwangi Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Banjir di Dusun Pakem Karangrejo

Lantamal V (6/1), —

Guna menghadapi bencana banjir maupun bencana lainnya di Banyuwangi, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V bersama unsur SAR Polresta Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi, BPBD Banyuwangi maupun unsur SAR lainnya melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Banjir di Dusun Pakem Desa Karangrejo Kec. Banyuwangi Kab. Banyuwangi. Senin (6/1).

Memilih Dusun Pakem menjadi lokasi latihan dikarenakan tempat itu merupakan areal tambak yang apabila hujan terjadi di Banyuwangi dengan intensitas tinggi kawasan itu dan sekitarnya akan menjadi lokasi limpahan air.

Dalam latihan tersebut di simulasikan bahwa telah terjadi banjir di wilayah Pakem yang diakibatkan hujan selama sepekan dan menelan korban jiwa serta harta benda.

Dengan sigap Tim SAR Gabungan menggunakan peralatan yang ada melakukan pertolongan kepada korban, terlebih salah satu korban ada yang dalam kondisi hamil.

Usai diselamatkan oleh tim SAR gabungan ke Posko, Ibu yang hamil tersebut melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki dan untuk mengenang tragedi itu tim menamai bayi mungil tersebut dengan nama “Subanjir”.

Dengan mengutamakan keselamatan personil Tim SAR Gabungan tanpa mengenal lelah terus melaksanakan pencarian korban selamat maupun korban yang sudah meninggal.

Usai menyaksikan latihan, unsur Forkopimda memberikan sembako kepada warga masyarakat yang terlibat dalam latihan tersebut dilanjutkan mengecek kesiapan Posko peralatan kesehatan, dapur umum serta peralatan lainnya yang dibutuhkan bila bencana banjir benar-benar terjadi di Banyuwangi.

Unsur Forkopimda yang menyaksikan latihan antara lain Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara S, S.H., S.I.K., M.H, Danlanal Banyuwangi diwakili Pasiops Lettu Laut (P) Heru Sutupo, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.IP., Kajari, dan Unsur Forkopimda Banyuwangi.