PANGARMADA II PIMPIN PERINGATAN HUT KE-57 KOWAL

TNI AL. Koarmada II, Senin 06 Januari 2020

 

Komando Armada (Koarmada) II mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan HUT Ke-57 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) di wilayah Surabaya, berupa upacara parade yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin (06/01/2020).

 

Sebelum menuju puncak peringatan, Panitia HUT ke-57 Kowal wilayah Surabaya yan diketuai oleh Letkol Laut (K/W) dr.Trisna Rini ini, telah melaksanakan beragam rangkaian kegiatan. Diantaranya Bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan pada Oktober 2019 di Bangkalan Madura, berupa operasi katarak, khitanan massal, pelayanan KB, dan pengobatan umum yang ditangani oleh Kowal yang kesehariannya berprofesi sebagai anggota kesehatan dan dokter. Kemudian kunjungan sosial kepada Kowal yang sedang sakit dan yang sudah purnawirawan. Ada juga pelaksanaan donor darah di unit PMI Surabaya serta Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

 

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Irup mengatakan bahwa, di usia yang ke- 57 tahun diharapkan anggota Kowal tetap konsisten dengan komitmen bahwa tugas adalah yang utama, yang selalu dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.

 

Selain itu menurut Kasal, di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini Kowal dituntut untuk bisa mengikutinya dengan memperluas pengetahuan melalui pendidikan dan penugasan serta menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan. Dimana hal ini selaras dengan tema yang diusung oleh Kowal pada peringatan HUT ke-57 yakni “ Profesionalisme Kowal , Pilar SDM Unggul Untuk Indonesia Maju”.

 

“ Kowal harus siap menjalankan tugas untuk berpartisipasi dalam pembangunan TNI AL yang maju, serta melaksanakan tugas dengan ikhlas dan rela berkorban demi keluarga dan organisasi. Jadikan peringatan HUT Kowal kali ini sebagai media untuk evaluasi dan instruksi diri dalam upaya meningkatkan kinerja yang lebih baik ke depan”, tegas Laksamana Siwi.

 

Usai upacara parade juga dilaksanakan acara syukuran yang digelar di gedung Panti Tjahaya Armada (PTA). Dalam acara syukuran Pangarmada II dan Ibu Asuh Kowal Daerah II Ny. Yayuk Heru Kusmanto berkesempatan memotong tumpeng dan kue ultah didampingi perwakilan Kowal. Tidak ketinggalan aksi hiburan yang dibawakan oleh sejumlah anggota Kowal , seperti Band Dara Laut, Dance, Kolintang dan Stand Up Comedy.

 

Ikut hadir dalam acara antara lain Gubernur AAL, Kaskoarmada II, Danguspurla Koarmada II, Kadispsial, Danpasmar 2, Kaskogartap Surabaya, Danpuspenerbal,  para Asisten Pangkoarmada II. Juga hadir Ibu Asuh Kowal Daerah II Ny. Yayuk Heru Kusmanto dan pengurus inti Jalasenastri Daerah Armada II.

 

Dinas Penerangan Koarmada II