PANGKOARMADA II HADIRI FESTIVAL PERAHU NUSANTARA HINGGA PESTA RAKYAT HUT KODAM KE-71

TNI AL. Koarmada II, Minggu 22 Desember 2019.

Hari ini (22/12) Panglima Koarmada II (Pangarmada II) Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto menghadiri Festival Perahu Nusantara, Ngonthel, Konvoi Jeep Willys dan Pesta Rakyat Dalam Rangka Hari Juang TNI AD dan HUT Kodam V Brawijaya ke-71.

Festival diawali dengan pelepasan perahu replika Kerajaan Brawijaya sebagai perahu induk yang menggambarkan kejayaan nusantara pada saat itu dengan peserta yang terdiri dari prajurit Kodam V Brawijaya, tercatat 45 perahu ikut dalam festival tersebut. Para pengawak perahu adalah anggota Kodim jajaran Kodam V Brawijaya, sementara setiap perahu diberi nama kerajaan diseluruh Nusantara, seperti kerajaan Sriwijaya, Gowa, Raja Ampat, Bugis, dan lain-lain.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ikut hadir dalam sambutannya mengatakan “Hari Juang TNI AD dan HUT Kodam V Brawijaya ke-71 diberi Ruh penguatan bahwa nenek moyang kita adalah pelaut. Festival perahu nusantara¬† ini diadakan dengan harapan supaya kita tetap menjaga dan merawat kelestarian sungai dan laut menjadi sumber kehidupan kita bersama”, ujarnya.

Sementara usai melepas perahu nusantara dan gowes onthel yang diikuti berbagai komunitas sepeda onthel, Pangdam juga memberangkatkan konvoi Jeep Willis dengan finish di lapangan Makodam V Brawijaya, tempat pesta rakyat berlangsung.

Dinas Penerangan Koarmada II.