Komandan Lanal Tegal Pimpin Penanaman Pohon Cemara Laut

Komandan Lanal Tegal Pimpin Penanaman Pohon Cemara Laut

Lantamal V (19/12), —

Masih dalam rangkaian peringatian Hari Armada RI Ke-74, Hari Nusantara Ke-19 dan Hari Ikan Nasional Ke-9 Tahun 2019, Pangkalan TNI-AL  (LANAL) Tegal , Lantamal V bersama dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kab. Tegal menggelar Program Penghijauan Pantai Utara Jawa, Kamis, (19/12).

Sebanyak 2.000 (Dua Ribu) bibit pohon cemara laut akan ditanam diseluruh Kawasan Pesisir Pantai Utara Jawa Kab. Tegal hingga perbatasan Kab. Pemalang, melalui Program tersebut, guna menimalisir abrasi pantai.

Kegiatan penanaman bibit pohon ini melibatkan ratusan personel dari Lanal Tegal dan Staf DKPP, serta Unsut TNI Polri, Perwakilan Pelajar/Mahasiswa Serta Para Stake Holder Kemaritiman.

Kegiatan ini diawali dengan Prosesi Upacara yang digelar di pantai O.W Pantai Purwahamba Indah (Purin) Desa Purwahamba Kec. Suradadi Kab.Tegal dengan inspektur upacara Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, MTr Hanla.,CHRMP dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kasatbek Lanal Tegal Lettu Laut (S) Moh.Aonullah.

Selepas Prosesi Upacara ceremonial tersebut, Jajaran Forkompinda Kab. Tegal yang ikut hadir dalam upacara ini, ikut melaksanakan penanaman bibit pohon cemara laut secara simbolik, termasuk diantaranya Komandan Lanal Tegal  yang hadir didampingi Ny.Via Ridwan Azis selaku ketua cabang 7 Korcab V DJA II.serta dilanjutkan dengan lomba memindahkan ikan lele dan belut dari ember satu ke ember yang lain diikuti oleh perwakilan masing masing peserta upacra dan undangan.

Dalam Keterangannya, Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar M.Tr.Hanla.,CHRMP menyampaikan bahwa Program tersebut adalah dalam rangka Bulan Bhakti Trisila TNI AL sekaligus merupakan upaya bersama antara TNI-AL dalam hal ini Lanal Tegal dengan Pemerintah Daerah melalui DKPP Kab. Tegal untuk melakukan penghijauan dikawasan pesisir sekaligus untuk menimalisir Abrasi Pantai Utara Jawa.

Orang nomor satu di Lanal Tegal inii menambahkan meskipun manfaatnya baru dapat dirasakan dalam jangka panjang, akan tetapi dengan adanya kawasan pantai yang hijau dan rindang, tentunya akan menambah destinasi wisata baru di wilayah Kab.Tegal.

Danlanl mencontoh, dikawasan Pantai Purwahamba ini yang dulu pohon cemaranya ditanam oleh Prajurit Lanal beserta Warga masyarakat setempat dan sekarang telah menjadi Destinasi Wisata baru.