WARISI NILAI –NILAI KEPAHLAWANAN KEPADA ANAK BUAH, KOMANDAN BESERTA PRAJURIT KRI YOS-353 ZIARAH KE MAKAM PAHLAWAN DI BALIKPAPAN

Surabaya. Koarmada II, 28 November 2019

 

Disela melaksanakan tugas Operasi Busur Ambalat-19 dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, segenap prajurit KRI Yos Sudarso-353 dengan komandan Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan, pada Kamis (28/11).

 

Menurut Aminudin-begitu Komandan KRI Yos-353 ini akrab disapa, tujuan dari ziarah ini disamping memperingati Hari Armada RI tahun 2019, juga untuk mewarisi nilai-nilai kepahlawanan dan meningkatkan patriotisme prajuritnya, serta mengenang jasa para pahlawan.

 

“Hal ini penting bagi prajurit KRI Yos-353 yang sedang melaksanakan tugas menjaga perbatasan dalam Satgas Operasi Busur Ambalat-19 dalam memahami nilai patriotisme dan perjuangan dari para pahlawan. Sehingga diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi para prajurit dalam melaksanakan tugas menjaga pertahanan dan keamanan wilayah laut Indonesia,” terang perwira menengah dengan tiga melati di pundak ini.

 

Aminudin pun menambahkan pada pelaksanaan kegiatan ziarah ini mengambil tema “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa-Jasa Para Pahlawannya”.

 

Di TMP Dharma Agung terdapat enam pahlawan bangsa yang dimakamkan. Mereka gugur sebagai pengawak KRI Hang Tuah (korvet TNI AL) yang tenggelam dihantam pembom B-26 invader yang terletak di wilayah lepas pantai Balikpapan pada tanggal 28 April 1958. Peristiwa ini terjadi saat KRI Hang Tuah yang tergabung dalam Operasi Merdeka untuk mengatasi pemberontakan PPRI/Permesta.

 

Berdasarkan catatan sejarah yang terdata terdapat 18 prajurit yang gugur, termasuk 6 prajurit yang dimakamkan di TMP Dharma Agung dan 26 prajurit KRI Hang Tuah yang mengalami luka pada peristiwa heroik tersebut.

 

Selain melaksanakan ziarah, Prajurit KRI Yos-353 juga melaksanakan penghormatan dengan hikmat dan diiringi doa kepada para pahlawan yang gugur di lokasi tenggelamnya Kapal RI Hang Tuah yang berada di sekitar buoy no. 3 alur pelayaran Balikpapan.

 

Dinas Penerangan Koarmada II