SAMBUT HARI ARMADA RI 2019 JALASENASTRI DAERAH ARMADA II GELAR LOMBA KREASI SENAM SAJOJO DAN MENGHIAS TUMPENG

Surabaya-Koarmada II, 28 November 2019

Tak mau ketinggalan dalam memeriahkan Hari Armada RI Tahun 2019, Jalasenastri Daerah Armada II menggelar Lomba Kreasi Senam Sajojo dan Lomba Menghias Tumpeng yang dihelat di Indoorsport Markas Koarmada II Surabaya, pada Kamis (28/11).

Lomba yang digagas oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada II atau KDJA II Ny. Heru Kusmanto ini diikuti oleh para peserta yang berasal dari anggota Jalasenastri Cabang 1 sampai 12 Koarmada II, juga Korcab V Jalasenastri Lantamal V Surabaya.

Ikut hadir dalam acara pembukaan Lomba Kreasi Senam Sajojo dan Menghias Tumpeng yakni Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto sebagai Pembina Jalasenastri Daerah Armada II, Kaskoarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto, Komandan Satban Koarmada II Kolonel Laut (P) Arief Budiman selaku Ketua Panitia Hari Armada RI 2019, para Asisten Pangkoarmada II, pengurus serta anggota Daerah Jalasenastri Armada II.

Dalam sambutannya ketika membuka kedua lomba tersebut, Ketua DJA II Ny. Yayuk Heru Kusmanto mengatakan bahwasannya tujuan dari lomba tersebut adalah untuk mewadahi serta menyalurkan minat, hobi dan bakat serta menggali potensi terpendam dari anggota Jalasenastri dibidang seni,  olahraga dan memasak.

Yayuk-sapaan akrab Ketua DJA II menambahkan, ajang lomba Sajojo dan Menghias Tumpeng ini juga merupakan upaya Jalasenastri Daerah II ikut melestarikan kebudayaan daerah Indonesia. “Saya selaku Ketua Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) mengucapkan terima kasih kepada Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto selaku Pembina, atas dukungan dan perhatian yang diberikan hingga dapat terselenggaranya acara ini. Kepada para peserta saya ucapkan selamat berlomba dengan baik, tertib dan lancar, serta tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas,” tandas Yayuk.

Ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DJA II, lomba dipastikan berjalan meriah terutama Senam Sajojo dimana setiap tim yang terdiri dari 10 orang peserta ini seluruhnya tampil rancak dengan aneka kostum menarik yang tidak lepas dari ciri khas daerah asal tarian tersebut yakni Papua. Hal ini membuat para juri sedikit bingung menentukan pemenang.

Begitu juga dengan Lomba Menghias Tumpeng, dimana kreatifitas setiap peserta teruji dalam setiap tumpeng yang bahan-bahannya harus mengandung nilai gizi yang tinggi dengan biaya yang terjangkau. Menjadi catatan bagi seluruh peserta lomba baik Tari Sajojo maupun Tumpeng, yakni tidak boleh menghabiskan biaya besar untuk menunjang penampilan mereka.

Sementara itu dari hasil pelaksanaan lomba, Cabang 10 Jalasenastri Satuan Kapal Bantu (Satban) berhasil mendominasi sebagai Juara I pada Lomba Kreasi Senam Sajojo maupun Menghias Tumpeng. Dalam Lomba Kreasi Senam Sajojo Cabang 10 Satban berada di posisi I dengan nilai 763. Di posisi II dengan nilai 752 diraih Korcab V Lantamal V dan posisi III ditempati Cabang 7 Satran dengan nilai 750.

Sedangkan pada Lomba Menghias Tumpeng, Juara I dengan total nilai 258 kembali diperoleh oleh Cabang 10 Satban. Kemudian Juara II dengan jumlah nilai 255 diraih Cabang 9 Guspurla dan Juara III diraih oleh Cabang 7 Satran dengan total nilai 245.

Dinas Penerangan Koarmada II