PANGKOARMADA II KUNJUNGI MARKAS BESAR ARMADA TIMUR TENTARA LAUT DIRAJA MALAYSIA (TLDM)

Surabaya-Koarmada II, 25 November 2019

Panglima Komando Armada II  Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengadakan kunjungan persahabatan atau Courtessy Call ke Markas Besar Armada Timur Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), pada Senin (25/11).

Didampingi oleh Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada II Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro, Pangkoarmada II beserta rombongan disambut langsung oleh Timbalan Panglima Armada Timur TLDM Laksamana Pertama Rusli Bin Ahmad. Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda kegiatan dalam rangka Port Visit 2019 yang bertujuan meningkatkan kerja sama Indonesia dan Malaysia yang selama ini telah terjalin baik.

Dalam sambutannya Pangkoarmada II mengungkapkan harapan agar  jalinan kerja sama, hubungan persaudaraan dengan Malaysia sebagai sesama negara di kawasan Asia Tenggara menjadi lebih erat dengan memanfaatkan kekuatan dan sumber daya maritim Indonesia.

“Saya berharap kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut, dibina dan ditingkatkan, begitu pula dengan hubungan persaudaraan semakin erat sebagai sesama rumpun Melayu. Karenanya dengan memanfaatkan kekuatan dan sumber daya maritim yang dimiliki Indonesia, salah satunya melalui Satgas Port Visit 2019 harapan tersebut mampu terwujud,” tandas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Sementara dari pihak TLDM Laksamana Pertama Rusli Bin Ahmad mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas kunjungan yang dilakukan Pangkoarmada II ke Markas Besar Armada Timur TLDM. Ia pun mengungkapkan harapan yang sama terhadap kelanjutan hubungan kerja sama Indonesia dengan Malaysia.

Kunjungan diakhiri dengan sesi pertukaran cenderamata dan foto bersama antara kedua delegasi. Menurut rencana Pangkoarmada II beserta staf akan berada di Malaysia hingga Rabu (27/11) mendatang, guna menghadiri seluruh rangkaian agenda kegiatan Satgas Port Visit 2019 di Kinabalu, Malaysia.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P)  Amrin Rosihan selaku Komandan Satgas Port Visit 2019 didampingi Komandan KRI Sultan Iskandar Muda 367 Letkol Laut (P) Rasyid Al Hafiz dan Atase Laut (Atal) Indonesia di Malaysia Kolonel Laut (E) R. Lilik Asmoro.

Dinas Penerangan Koarmada II