LATMA NEW HORIZON 2019 RESMI BERAKHIR

Surabaya. Koarmada II, 25 November 2019

 

Latihan bersama (Latma) antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Australia, Royal Australian Navy (RAN), telah berakhir. Latihan yang diberi nama Latma New Horizon 2015, ditandai dengan penutupan di Lounge Room HMAS Arunta yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Minggu (24/11) sore.

 

Penutupan latihan bersama ini dipimpin oleh Komandan KRI Oswald Siahaan-354 Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto selaku Komandan Satgas Latma New Horizon 2019.

 

Latma New Horizon 2019 telah menyelesaikan seluruh tahapan latihan puncak berupa manuver lapangan yang dilaksanakan di sekitar perairan Laut Jawa pada tanggal 21 hingga 24 November 2019.

 

Dalam latihan puncak tersebut menurut Dansatgas Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto, salah satu materi penting yang dilaksanakan adalah penegakan hukum di laut, dimana dalam serial ini sebuah kapal perang Australia (HMAS) akan memeriksa sebuah KRI, kemudian secara bergantian sebuah KRI akan memeriksa sebuah HMAS. Hukum yang diterapkan dalam tahap ini adalah Hukum Laut Internasional UNCLOS 82.

 

Selain itu juga dilaksanakan latihan menembak meriam, teknik pengisian ulang bahan bakar antar dua kapal perang yang tengah berada di laut (Replenishment At Sea), latihan komunikasi melalui radio dan lainnya.

 

Hendro-sapaan karib Komandan KRI OWA-354 ini juga menambahkan dalam latihan ini TNI AL mengerahkan KRI Oswald Siahaan-354, KRI Fatahillah-361, 1 (satu) Tim Komando Latihan Koarmada II, Tim Diskes Koarmada II dan 1 pesawat udara CN-235 (MPA). Sedangkan RAN mengerahkan HMAS Arunta dan HMAS Sirius.

 

Sementara itu dalam Tahap Pengakhiran yakni diskusi antar delegasi, masing-masing delegasi mengucapkan selamat atas terselenggaranya latihan dengan baik aman dan lancar juga zero accident alias personel dan matarial dalam keadaan aman dan selamat.

 

“Latihan bersama ini didasari rasa saling memahami, saling menghormati, dan bermanfaat untuk kedua negara, Indonesia-Australia. Latihan ini juga memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama dan interoperability sesama angkatan laut,” terang Dansatgas Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto dalam sambutan penutupnya.

 

Pertukaran plakat dan suvenir serta foto bersama menandai berakhirnya Latma New Horizon 2019 antara TNI AL dengan Royal Australian Navy, yang dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 24November 2019 ini.

 

Tampak hadir pada penutupan Latihan tersebut Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol Laut (P) Agus Setyawan, Ketua Delegasi RAN Commander Nick Doyle, Komandan HMAS Arunta Commander Troy Duggan dan Komandan HMAS Sirius Commander Melanie Verho serta seluruh perwira peserta latihan.

 

Dinas P÷nerangan Koarmada II.