DANLANTAMAL XIII TARAKAN MELEPAS KRI SURA 802 MENUJU MEDAN LATIHAN BERSAMA TRILATERAL PORT VISIT INDOMALPHI TAHUN 2019.

TARAKAN – Stabilitas keamanan di wilayah laut perbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Philipina merupakan.tanggung jawab bersama ketiga negara.
Masih adanya ancaman keamanan dari kelompok Abu Sayap dari Philipina Selatan yang selama ini sering melakukan pembajakan kapal dan penculikan terhadap ABK kapal yang melintas serta ganggunan keamanan lainnya di jalur laut perbatasan ketiga negara telah menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan bagi armada laut yang melintas.

Sebagai bentuk rasa tanggung jawab maka ketiga negara harus dapat memberikan jaminan keamanan serta kenyamanan terhadap kapal kapal yang menggunakan jalur laut di wilayah perbatasan ke tiga negara, Bentuk realisasi ketiga negara dalam menangkal gangguan keamanan di laut perbatasan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman maka angkatan laut ke tiga negara melaksanakan latihan rutin tahunan yang dinamakan Trilateral Port Visit Indomalphi yang melibatkan personel dan kapal perang dari ketiga negara dan patrol laut bersama serta salin memberikan informasi

Latihan Trilateral Port Visit Indomalphi tahun 2019 kali ini merupakan latihan tahunan ke empat yang dipusatkan di propinsi Zamboanga negara Philipina. Dalam latihan ini TNI AL melibatakan satu unsur KRI yaitu KRI Sura 805 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Herstyadi Sapto Condro, M.S.M.

Keberangkatan KRI Sura 82 menuju medan latihan dilepas oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A., dari dermaga umum Malundung Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara pada hari Minggu (24/11/19).

Sebelum bertolak menuju daerah latihan Komandan KRI Sura-802 memaparkan kegiatan latihan Trilateral Port Visit Indomalphi kepada Danlantamal XIII dan para Asisten Danlantamal XIII di Lounge Room Perwira KRI Sura-802. Selesai menerima paparan selanjunya Danlantamal XIII memberikan pengarahan dan penekanan kepada seluruh Prajurit KRI Sura-802 yang akan melaksanakan latihan.

Selain Danlantamal XIII hadir pula dalam kegiatan pelepasan, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih S.E, para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII, Dantim Intel Lantamal XIII, Danpomal Lantamal XIII, Dandenma Lantamal XIII

Dispen Lantamal XIII Koarmada II