PANGKOARMADA II HADIRI FOCUS GROUP DISCUSSION TNI AL DI GSB BUMI MORO

Surabaya, Koarmada II. Senin 11 Nopember 2019

Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) TNI AL tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Graha Samudra Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya. Senin, (11/11).

Kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan di lingkungan TNI Angkatan Laut, sebagaimana dijelaskan oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Didik Setiyono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang di forum tersebut.

Focus group discussion yang akan dilaksanakan selama 2 hari tersebut diikuti 139 peserta dari berbagai Komando Utama TNI AL. Adapun tema yang diambil dalam pelaksanaan kegiatan kali ini adalah “Melalui Focus Group Discussion, Kita Laksanakan Optimalisasi Pembinaan Latihan Yang Kontemporer Guna Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Handal Dan Disegani”.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat utama kotama TNI AL di antaranya Panglima Komando Armada 2 Laksda TNI Heru Kusmanto, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto, Komandan Puspenerbal, Komandan Lantamal V Surabaya, Kepala Dinas Psikologi TNI AL dan para Direktur di jajaran Kodiklatal.

Hari pertama pelaksanaan Focus Group Discussion seluruh peserta mendapatkan ceramah dari beberapa narasumber diantaranya Laksamana TNI (Purnawirawan) Ade Supandi dengan tema Sistem Pertahanan Laut Nusantara Yang Ideal Pada Masa Depan. Pembicara kedua adalah Laksdya TNI Agus Setiadi dengan materi kebijakan pertahanan negara dihadapkan dengan perkembangan zaman dan peran TNI AL di masa depan.

Pembicara lainnya adalah Doktor Edy Prasetyono dengan materi Perkembangan Lingkungan Strategis Dunia Saat Ini Dan Ke Depan Serta Pengaruh Terhadap Pertahanan Negara sedangkan pembicara terakhir adalah Doktor Andi Wijayanto dengan materi Kecenderungan Perang Masa Depan Dan Dampak Strategis Terhadap Strategi Pertahanan Negara.

Dinas Penerangan Koarmada II.