Latihan Bertahan Hidup Dalam Situasi Darurat Taruna dan Taruni PIP Tingkat I Angkatan Ke-40 Tahun 2019 di Lantamal VI Makassar Berakhir

 

Makassar, Latihan Bertahan Hidup Dalam Situasi Darurat Taruna dan Taruni PIP Tingkat I Angkatan Ke-40 Tahun 2019 di Lantamal VI Makassar berakhir hari ini dengan pelaksanaan Upacara Penutupan bertempat di Pantai Jalaria Mako Lantamal VI, Minggu (10/11/2019).

Ke – 414 tunas pelaut dari Taruna dan Taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar ini telah menjalani pelatihan bertahan hidup dalam situasi darurat di laut dan di darat (Sea and Jungle Survival) selama 3 hari mulai dari tanggal 08 s.d. 10 November 2019 di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI.

Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Komandan Denma (Dandenma) Lantamal VI Letkol laut (P) Andik Putro Wibowo, S.Sos., dan dihadiri oleh perwakilan dari PIP Makassar dan para pelatih dari Lantamal VI.

Dalam sambutannya, Dandenma Lantamal VI menyampaikan terima kasih kepada instruktur, pembina, pelatih dan pendamping Taruna dan Taruni PIP Makassar yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaga serta ide-ide yang diberikan kepada peserta latihan Sea and Jungle Survival Tahun 2019, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih dan bangga kepada peserta latihan sekalian karena telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dengan baik, penuh semangat dan kompak. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berguna dan memberikan manfaat untuk para peserta latihan”, ujarnya.

Dalam Upacara ini, Dandenma Lantamal VI melepas tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda bahwa berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, Sea and Jungle Survival yang mengambil tema “Dengan pelatihan Sea and Jungle Survival untuk membangun jiwa kepemimpinan yang mandiri”, para Taruna dan Taruni PIP Tingkat I Angkatan Ke-40 Tahun 2019 ini telah mendapatkan beberapa materi diantaranya teori Sea and Jungle Survival, water recue, PBB serta praktek Sea and Jungle Survival dan diakhiri dengan evaluasi keseluruhan materi.

Usai Upacara dilaksanakan penyerahan hadiah kepada Peleton terbaik yaitu Peleton terbaik I diraih oleh Peleton 2 Kompi A dan Peleton terbaik II diraih oleh Peleton 1 Kompi C dan diakhiri dengan foto Bersama.