Lanal Yogyakarta Fasilitasi Sosialisasi Aplikasi Kelautan Pushidrosal kepada Masyarakat Maritim

Lanal Yogyakarta Fasilitasi Sosialisasi Aplikasi Kelautan Pushidrosal kepada Masyarakat Maritim

Lantamal V (24/10), —

Pangkalan TNI AL (Lanal Yogyakarta memfasilitasi  sosialisasi  terkait informasi kelautan berbasis internet dengan aplikasi Indonesea dan Sea Vision oleh Pusat Hidrografi Dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) kepada masyarakat maritim, Kamis (24/10).

Sosialisasi yang digelar di aula Mako Lanal Yogyakarta ini,  dihadiri Tim materi dari Pushidrosal, Kasubdis Pampers Ditpam Mayor Laut (KH/W) dr. Cecilia F. M. PICT dan Kasipam Litla Ditpam Pushidrosal Mayor Laut (P) Gigis W.T., Palaksa Mayor Laut (P) Wahono, Danpomal dan Komandan Unit Intel Lanal Yogyakarta.

Sementara itu peserta sosialisasi selain berasal dari personel internal Lanal Yogyakarta yakni staf Intelijen (Sintel), Detasemen Polisi Militer (Denpomal) dan staf Potensi Maritim (Potmar), jajaran Posal Sadeng, Posal Samas dan Posal Karangwuni.

Juga diikuti peserta dari perwakilan masyarakat maritim wilayah kerja Lanal Yogyakarta antara lain Ditpolair Polda DIY, Kantor SAR Yogyakarta, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo dan Kab. Gunungkidul, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan nelayan Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo dan Kab. Gunungkidul.

Danlanal Yogyakarta dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Pjs. Palaksa mengatakan bahwa dalam upaya memujudkan visi misi pemerintah Presiden Joko Widodo, bangsa Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, diperlukan data yang komprehensif dalam upaya menjamin keselamatan pelayaran nasional dan pengembangan potensi maritim.

Hal tersebut telah dilakukan oleh TNI Angkatan Laut khususnya oleh Pushidrosal dalam mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data terkait peta laut, situasi medan dan cuaca untuk kepentingan masyarakat maritim seluruh komponen bangsa.

Oleh sebab itu agar materi yang diberikan oleh Pushidrosal dapat bermanfaat baik untuk kepentingan tugas dinas maupun dalam menunjang pekerjaan para nelayan.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain untuk mendapat materi yang disampaikan, namun mari kita maknai kegiatan di Mako Lanal Yogyakarta ini sebagai upaya untuk semakin mengenal dan mempererat kerja sama dan hubungan persaudaraan yang akan berguna di masa akan datang,” tegas Danlanal.

Pada sesi penyampaian materi oleh tim Pushidrosal, dikenalkan dan dijelaskan tentang sistem pelaporan dan akses informasi dengan memanfaatkan aplikasi Indonesea dan sea vision melalui aplikasi playstore pada hp berbasis androit dengan nama appstore atau iosstrore.

Para peserta tidak hanya dikenalkan aplikasi tersebut namun secara bertahap juga diajarkan dan dipandu tim Pushidrosal untuk menggunakannya di hp para peserta dengan harapan telah diketahui dan dipahaminya aplikasi tersebut akan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat maritim di wilayah kerja Lanal Yogyakarta.