DANLANTAMAL XIII INISIATIF MEMBENTUK FORUM KOMUNIKASI MARITIM KALTARA UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH


TARAKAN – Provinsi Kalimantan Utara memiliki potensi maritim yang sangat besar dan luar biasa. Potensi tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat Kaltara dengan menjadi nelayan, petani tambak dan petani rumput laut, namun sampai dengan saat ini potensi ini belum terkelola dengan baik sehingga Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. menggagas terbentuknya Forum Komunikasi Maritim Kaltara yang disingkat dengan “FKMK” dengan harapan dapat memaksimalkan pengelolaan potensi maritim yang ada di Kaltara dan meningkatkan pendapatan serta meningkatkan perekomian masyarakat.

Tadi pagi, Jumat (25/10/2019) pukul 08.45 Wita, bertempat dilapangan Tembak Pomal Lantamal XIII, Jl. Kusuma Bangsa Kel. Gunung Lingkas Kec. Tarakan Timur Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. mengundang para stick holder maritim se-Kalimantan Utara dalam acara “Coffee Morning” yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara insan maritim yang memiliki kesamaan medan tugas yaitu kemaritiman, yang diharapkan dapat terjalin hubungan baik untuk saling tukar informasi guna peningkatan perekonomian daerah di sektor maritim.


Dalam sambutannya, Laksma Judijanto menyampaikan bahwa dengan kehadiran Lantamal XIII Tarakan diharapkan dapat memudahkan koordinasi antar instansi Maritim yang berada di Wilayah Kerja Lantamal XIII Tarakan melalui “FKMK”. Beliau juga memperkenalkan website yang telah dibuat oleh Lantamal XIII dengan alamat website ”www.mssic.id” yang berisikan berbagai macam informasi baik kondisi lalulitas laut, cuaca, pasang surut, gelombang laut, spot ikan yang ada di laut serta informasi lain yang sangat bermanfaat bagi kemaritiman bahkan masyarakat bisa menyampaikan atau melaporkan berbagai macam peristiwa yang terjadi di laut yang langsung bisa di akses dengan cepat melalui website tersebut, sehingga masyarakat akan cepat menerima berita yang up to date.
Laksma Judijanto juga berharap para Stick Holder Instansi Maritim untuk ikut andil dalam website tersebut dengan mencantukan nomor telepon yang bisa diakses langsung oleh masyarakat sehingga pelaporan dari masyarakat setelah diterima dan dikonfirmasi oleh Lantamal XIII (terkait kebenaran informasi tersebut) nantinya akan diteruskan (link) ke instansi yang berkompeten, hal ini tentu akan dapat mempermudah bagi masyarakat maritim untuk menerima informasi yang up to date dan akurat.

Selesai acara sambutan Danlantamal XIII, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan latihan menembak pistol di Lapangan Tembak Pomal Lantamal XIII yang diawali dengan latihan menembak dasar bagi yang pemula dan dilanjutkan dengan latihan menembak eksekutif atau menembak reaksi bagi yang sudah profesional. Dalam latihan tersebut para peserta tampak antusias dalam latihan menembak dasar dan profesional karena banyak dari para peserta yang memang belum pernah latihan menembak sebelumnya.

Dalam pelaksanaan latihan menembak berjalan dengan lancar dan aman karena memang sebelumnya Asisten Potensi Maritim Danlantamal XIII Kolonel Marinir Sungguh B. Manurung memberikan penjelasan yang detail tentang tata cara menembak pistol dan beliau menekankan bahwa keamanan (zero accident) adalah prioritas yang pertama.


Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII, para Kasatker Lantamal XIII dan tamu undangan dari Dirpolairud Polda Kaltara diwakili Bpk K. Sitanggang, Kepala BNN Prov. Kaltara diwakili Bpk Hery Dahana, Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltara diwakili Bpk Syahyahdin, Kepala Bakamla RI Kota Tarakan diwakili Bpk Herlambang, Kepala BNNK Tarakan Ibu Agus Surya Dewi, GM. Pelni Tarakan diwakili Bpk Harun Rijal, Kepala Distrik Navigasi Tarakan diwakili Bpk Edy R, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarakan diwakili Bpk Zulkifli, Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tarakan Bpk Jonison P., Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan diwakili Bpk Syahriar, Kadis Kelautan dan Perikanan Tarakan Bpk Elang Buana, Kadis Pariwisata Tarakan diwakili Ibu Agustiana, Ketua DPC Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (GAPASDAP) Bpk Mulyadi dan Ketua Adat Tidung Bpk H. Wahab.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.