Dukung Keselamatan Berlalu Lintas, Danlanal Yogyakarta Hadiri Apel Gabungan Operasi Zebra Progo 2019

Dukung Keselamatan Berlalu Lintas, Danlanal Yogyakarta Hadiri Apel Gabungan Operasi Zebra Progo 2019

Lantamal V (24/10), —

Sebagai dukungan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kelancaran dalam berlalulintas, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Lantamal V, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro  menghadir Apel Gabungan Operasi Zebra Progo 2019 di Lapangan Mapolda DIY, Kamis (24/10).

Apel Gabungan Operasi Zebra Progo 2019 dipimpin oleh Kapolda DIY Irjen Pol Drs. H. Achmad Dofiri dengan tema “Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas”, juga dihadir Danrem 072/Pmk, Danpomad Korem 072/Pmk, Dandenpomal Lanal Yogyakarta, Dandenpomau Lanud Adisucipto beserta personel POM TNI AD, AL dan AU serta personel Ditlantas Polda DIY.

Operasi Zebra Progo 2019 akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019 secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengutamakan tindakan represif sebesar 80% berupa penegakan hukum bagi para pelangar.

Kapoda DIY mengatakan gelar apel gabungan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainya, sehingga kegiatan opersi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yg telah ditetapkan.

Berdasarkan data Ditlantas Polda DIY tercatat jumlah pelangaran lalulintas pada triwulan 3 tahun 2019 di wilayah hukum Polda DIY sebanyak 112.076 pelangaran, sedangkan pelangaran TW II 2019 sebanyak 64.703 pelangaran mengalami peningkatan sebanyak 73%, terkait kesiapan dalam mengatasi permasalahan bidang lalulintas tersebut perlu dilakukan pemberdayaaan seluruh stakehorder  melalui komunikasi dan koordinasi serta sinergitas antar intansi.

Sementara itu Danlanal Yogyakarta menyampaikan arahannya bahwa semua anggota Lanal Yogyakarta saat berkendaraan bisa saling mengerti dan mematuhi etika berlalulintas di jalan raya sehingga tidak menimbulkan hal hal yang kurang baik dan merusak citra TNI, TNI AL khususnya Lanal Yogyakarta.

“Sinergitas antara TNI-Polri yang sudah terbangun dengan baik ini harus dipertahankan untuk menjaga kondusifitas dan harus bisa menjadi contoh dan teladan dalam tertib berlalu lintas kepada warga masyarakat,” tegas Danlanal Yogyakarta.