Danlanal Denpasar dan Forkompinda Bali Sambut Kedatangan KRI Bima Suci-946 di Benoa

Danlanal Denpasar dan Forkompinda Bali Sambut Kedatangan KRI Bima Suci-946 di Benoa

Lantamal V (24/10), —

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar, Lantamal V,  Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, bersama unsur Forkompinda Provinsi Bali dan masyarakat Kota Denpasar sambut meriah kedatangan KRI Bima Suci-945 di dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa Bali, kemarin.

Kedatangan kapal latih tiang tinggi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tersebut disambut dengan penuh suka cita oleh unsur Forkompimda Bali, pejabat unsur Maritim wilayah Benoa, para pelaku usaha, mitra kerja Lanal Denpasar dan ratusan warga masyarakat.

Kemeriahan dan kebanggaan nampak terlihat dari antusias masyarakat yang rela anteri panjang ingin berkunjung keatas geladak kapal dan melihat bagian kapal latih anyar pengganti KRI Dewaruci milik TNI AL ini.

Dalam acara penyambutan dilaksanakan Pengalungan bunga kepada Komandan KRI Bima Suci, Palaklat KJK, perwakilan  Taruna putra daerah, perwakilan Taruni, dilanjutkan dengan tari penyambutan yaitu Tari Penyembrahma.

Menurut Komandan KRI Bima Suci – 945, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr Hanla megatakan bahwa KRI yang diawaki 89 orang ABK ini sedang mengemban tugas yang diamanatkan pemimpin TNI AL melaksanakan Satgas Duta Diplomasi Bangsa bersama Satlat KJK Taruna/Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke – 66  tahun 2019.

Selama berada di Pulau Dewata Bali, KRI Bima Suci – 945 akan mendukung para Taruna dan Taruni AAL melaksanakan kegiatan sosialisasi dan promosi ke sekolah-sekolah SMA dan SMK, olahraga bersama dengan prajurit Lanal Denpasar Bali, Kirab Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL di Jalan Raya Pantai Kuta.

Kemudian ada Coctail Party diatas geladak kapal serta pertunjukan tarian khas budaya Indonesia, serta melaksanakan open ship selama kapal bersandar di pelabuhan Benoa Bali. Taruna AAL juga akan melaksanakan Courtisy Call (CC) ke pejabat Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali dan Walikota Denpasar.

Msnurut Waluyo -sapaan akran Komandan KRI Bima Suci – 945 ini,  dalam pelayarannya mengunjungi beberapa negara sahabat seperti Philipina, Korea Selatan, Jepang, Thiongkok, Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Miyanmar dan Batam Indonesia.

Pelayatan ini telah memberikan materi pelajaran kepada para 83 Taruna dan Taruni AAL sesuai profesinya masing-masing. Dari jumlah tersebut terdiri dari Taruna Korps Pelaut, Tehnik, Elektro dan Suply., smentara untuk Korps Marinir mereka akan bergabung dalam pelayaran dari Benoa Bali menuju Darwin Australia dan kembali ke Pangkalan Surabaya.

KRI Bima Suci – 945 lanjutnya,  sebagai salah satu kapal latih TNI AL pengganti sang legendaris KRI Dewa Ruci telah menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia dalam membentuk calon perwira TNI AL menjadi pemimpin masa depan, dan sedang melaksanakan pelayaran muhibah antar negara dan membawa Satuan Latihan (Satlat) Kartika Jala Krida Taruna dan Taruni AAL angkatan ke – 66 tahun 2019 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa.

Tampak hadir dalam acara penyambutan diantaranya Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Octavianus Budi Susanto, SH.,M.Si, Danlanal Denpasar-Bali Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Wibowo cahyono Soekadi, LO AL Kodam IX/Udayana, Kasrem 163/Wsa, Dirpolairud Polda Bali, Dansat Brimob Polda Bali, Kapolresta Denpasar, Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Wali Kota Denpasar, Dandenma AAL Letkol Mar Rajiman, S.E., M.Tr. Hanla.,M.M,  Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II, Ketua Persit KCK Korem 163/Wsa, Ketua Pia Ardya Garini Lanud Ngurah Rai, Ketua Bhayangkari, para Perwira Staf Lanal Denpasar serta para tamu undangan lainnya dari Instansi Maritim.