Latihan Praktek Pelayaran, 393 Siswa Kodiklatal Kunjungi Kota Semarang

Latihan Praktek Pelayaran, 393 Siswa Kodiklatal Kunjungi Kota Semarang

Lantamal V (18/10),

Pada Latihan Praktek Pelayaran Gabungan dengan Sandi Wira Jala Yudha X /2019,  Sebanyak 393 orang Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut

(Kodiklatal) dengan menaiki KRI Teluk Banten- 516 singgah di Dermaga Tanjung Emas, Kota Semarang,  Kemarin.

Dari jumlah tersebut, 26 orang diantaranya adalah perwira yang tengah menjalani Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa), sedangkan 387 orang lainnya adalah siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) angkatan 39 / I  Tahun 2019.

Dalam Latek Pelayaran Gabungan dengan KRI Teluk Banten 516 yang di Komandani oleh Letkol laut (P) Dwi Yoga ini, Ke 393 Siswa Kodiklatal ini dipimpin Kolonel Laut (P)  Mulyan Budiarta selaku Direktur Latihan (Dirlat) dan Letkol Laut (P) Toni Sundah sebagai Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas).

Kedatangan 393 Siswa Kodiklatal ke Kota Semarang ini, disambut oleh ratusan Taruna dan Taruni dari berbagai Akademi Pelayaran yang ada di Kota Semarang,  serta disambut dengan tarian Lenggang Semarangan yang dimainkan oleh beberapa Taruni Akademi Maritim.

Pengalungan Bunga pun diberikan kepada Dirlat dan Dan Satgas menendai bahwa rombongan Siswa Kodiklatal resmi diterima sebagai tamu kehomatan Kota Semarang.

Selain Taruna dan Taruni Sekolah Maritim, Kedatangan KRI Teluk Banten 516 juga disambut oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal)  Kolonel Laut (P)  Musleh Yadi beserta Perwira Staf dan Prajurit Lanal Semarang.

Dalam pelaksanaan kegiatan Latek di Kota Semarang direncanakan berlangsung selama dua hari, yakni hari Kamis dan Jumat tanghal 17 sd 18 Oktober 2019.

Dalam siaran Persnya Direktur Latihan menerangkan bahwa  pelayaran ini memberikan pembekalan kepada para siswa tentang kehidupan diatas Kapal Perang,  baik saat kapal tersebut posisi Sandar maupun saat Kapal dalam kondisi berlayar.

Menurutnya, seluruh siswa setelah mendapatkan pelajaran teori dikelas,  Latek ini menjadi sarana bagi seluruh siswa mengaplikasikan ilmu teori di lapangan.

Selain Latihan Praktek lanjutbya,  seluruh siswa juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan Bhakti Sosial bersama Prajurit Lanal Semarang dan Seluruh Komponen Pemkot dan TNI Polri serta mahasiswa Akademi Maritim yang ada di Kota Semarang.

Beberapa kegiatan Bhakti Sosial yang akan dilaksanakan di Kota Semarang lanjutnya,  diantaranya penanaman Pohon Cemara Laut dan Pohon Manggrove,  Pembersihan (Korve)  di beberapa tempat Obyek Vital yang antara lain di Lawang Sewu Simpang Lima,  Klenteng Sampo Kong,  Kota Lama dan Gereja Blenduk,  Donor Darah.

juga dilaksanakan Promosi tentang TNI AL di Sekolah sekolah SLTA Kota Semarang diantaranya SMA 1, 4, 5 dan 6. Disampaikan pula bahwa Satgas memberikan kesempatan kepada seluruh Warga Kota Semarang dan seluruh Siswa dan Pelajar untuk bisa berkunjung di KRI guna melihat dari dekat Kapal Perang Republik Indonesia.